Profil Kolonel Mar Citro Subono, Perwira Pasukan Elite Pencipta Kendaraan Amfibi

Selasa, 29 Agustus 2023 - 07:13 WIB
loading...
Profil Kolonel Mar Citro Subono, Perwira Pasukan Elite Pencipta Kendaraan Amfibi
Kolonel Mar. Citro Subono mendapatkan kenaikan pangkat setelah dimutasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menjadi Pa Sahli Tk. II Jahpers Panglima TNI. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kolonel Mar. Citro Subono merupakan salah satu perwira TNI Angkatan Laut (AL) yang mendapatkan promosi jabatan. Hal itu tertuang dalam kebijakan mutasi teranyar yang dikeluarkan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/953/VIII/2023 Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan tentara Nasional Indonesia tersebut Kolonel Mar Citro Subono menggantikan Marsma TNI Nelson Michiil Noak yang dimutasi menjadi Staf Khusus KSAU

“Kolonel Mar Citro Subono, jabatan lama Paban Wiltasla Spotmar Koarmada RI, dimutasi menjadi Pa Sahli Tk. II Jahpers Panglima TNI,” bunyi keterangan tertulis dikutip SINDOnews (29/8/2023).



Dengan tugas dan tanggung jawab barunya, abituren Akademi Angkatan Laut (AAL) 1996 ini pecah bintang karena mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya menjadi Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI.
Pria kelahiran Jepara, Jawa Tengah pada 6 September 1974 ini tidak hanya jago dalam strategi perang tapi juga prajurit yang cerdas dan jenius. Terbukti, pada 2004 lulusan Dikreg Seskoal ini berhasil menjadi juara lomba karya cipta TNI.

Tidak hanya itu, Citro Subono juga menghasilkan karya nyata yang monumental yakni, kendaraan amfibi yang diberi nama KASRAT yakni, kendaraan amfibi serba guna pendarat. Awalnya, kendaraan ini dirancang untuk mengangkut 4 personel.



Kemudian dikembangkan lagi pada 2005 sehingga bisa mengangkut sebanyak 6 personel. Kendaraan ini kemudian menjalani ujicoba jalan darat dengan menempuh rute Surabaya – Semarang, Semarang – Tegal, Tegal – Jakarta dan puncaknya ujicoba di air di hadapan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Selama meniti kariernya di militer, prajurit Korps Marinir yang merupakan pasukan elite TNI AL ini menduduki sejumlah jabatan strategis. Antara lain, Danki C Yonangmor-1, Danpuslatpasrat, kemudian Paban IV Rencana Latihan Kodiklatal.

Selanjutnya Danmenbanpur-2 Mar, Danpusdik Banpur Kodikmar Kodiklatal dan Koor Apli APPI, Paban Wiltasla Spotmar Kormada RI sebelum akhirnya menjabat sebagai Pa Sahli Tk. II Jahpers Panglima TNI.

Selama berdinas, Citro Subono juga pernah mengikuti pendidikan militer seperti Pendidikan Komando (Dikko), Diklapa I dan Diklapa II/Kopur, Dikreg Seskoal serta Dikreg Sespimti 31
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)