Bacapres Anies Dijadwalkan Mengisi Kuliah Kebangsaan di Fisip UI Depok Hari Ini

Selasa, 29 Agustus 2023 - 06:16 WIB
loading...
Bacapres Anies Dijadwalkan Mengisi Kuliah Kebangsaan di Fisip UI Depok Hari Ini
Bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan dijadwalkan mengisi Kuliah Kebangsaan di Fisip UI Depok, pagi ini. Foto/MPI
A A A
DEPOK - Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan dijadwalkan mengisi Kuliah Kebangsaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (Fisip UI) Depok, pagi ini.

Tema yang diangkat dalam Kuliah Kebangsaan tersebut yakni “Hendak ke mana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan”.

"Untuk rangkaian yang pertama, FISIP UI akan menghadirkan Anies Baswedan pada tanggal 29 Agustus 2023, pukul 08.30-11.30 WIB," tulis undangan dari Panitia KK Fisip UI yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa (29/8/2023).

Sebelumnya, Ketua BEM Fisip UI, Muhammad Rafkarilo Afi membeberkan Bacapres yang sudah pasti akan hadir yakni Anies Baswedan yang dijadwalkan 29 Agustus 2023. Sedangkan kandidat Bacapres yang diusung Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ganjar Pranowo dan kandidat Bacapres KKIR Prabowo Subianto dijadwalkan pada September 2023.



"Yang sudah pasti baru Pak Anies di tanggal 29 Agustus. Untuk proyeksi Pak Ganjar dan Pak Prabowo di bulan September mendatang," ujar Rafka saat dikonfirmasi, Selasa (22/8).

Rafka juga membenarkan Fisip UI menggelar kuliah kebangsaan dengan mengundang ketiga kandidat Bacapres saat ini. "Saya dapat memverifikasi bahwa undangan yang tersebar mengenai Kuliah Kebangsaan FISIP UI yang bertemakan "Hendak ke Mana Indonesia Kita?: Gagasan, Pengalaman, dan Rancangan Para Pemimpin Masa Depan" adalah benar," ucapnya.



Rafka menyebut nantinya Bacapres akan hadir secara terpisah tidak menggunakan konsep debat antar kandidat. "Untuk Bacapresnya sendiri akan hadir secara terpisah, tetapi tiga-tiganya sudah mengonfirmasi. Iya betul (bukan debat antar kandidat Bacapres). Formatnya lebih ke forum akademik untuk menguji gagasan, rancangan, dan pengalaman dari masing-masing Bacapres," ungkapnya.

Sebagai informasi, Kuliah Kebangsaan merupakan kegiatan reguler Fisip UI untuk menghadirkan tokoh-tokoh bangsa untuk menyampaikan gagasan mereka di depan sivitas akademika kampus secara jernih dan mendalam.

Pada rangkaian Kuliah Kebangsaan FISIP UI kali ini, tokoh-tokoh yang diundang adalah Anies Baswedan (mantan Gubernur DKI Jakarta 2017-2022), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah 2013-2023), dan Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan RI 2019-sekarang). Ketiganya adalah tokoh-tokoh yang dipandang penting untuk didengar dan didiskusikan pandangan-pandangannya dengan objektif.

Tahun 2022 lalu, Kuliah Kebangsaan Fisip UI menghadirkan tokoh-tokoh bangsa lainnya seperti Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, serta tokoh masyarakat sipil Yenny Wahid.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3402 seconds (0.1#10.140)