Pernikahan Dini Marak, Ike Suharjo Perindo Minta Pemerintah Lakukan Langkah Preventif

Kamis, 24 Agustus 2023 - 12:56 WIB
loading...
Pernikahan Dini Marak, Ike Suharjo Perindo Minta Pemerintah Lakukan Langkah Preventif
Juru Bicara Nasional DPP Partai Perindo Ike Julies Tiati atau Ike Suharjo mengaku prihatin dan sedih dengan meningkatnya angka pernikahan dini di berbagai daerah di Indonesia. Foto/Dok MPI
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Nasional DPP Partai Perindo Ike Julies Tiati atau Ike Suharjo mengaku prihatin dan sedih dengan meningkatnya angka pernikahan dini di berbagai daerah di Indonesia. Meningkatnya pernikahan dini tersebut dikarenakan maraknya seks bebas di kalangan remaja Indonesia.

"Pernikahan dini akan berdampak pada meningkatnya risiko kematian ibu dan bayi, meningkatkan angka stunting. Selain itu, jika pernikahan dini yang diakibatkan oleh seks bebas maka akan menimbulkan banyak penyakit, salah satunya adalah HIV/AIDS," kata Ike dalam keterangannya, Rabu (23/8/2023).

Ike -- yang juga merupakan Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Sumatera Selatan II (Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Prabumulih, Muara Enim, Penukal Abab Lematang Ilir, Lahat, dan Empat Lawang) itu-- menyarankan agar pemerintah memberikan perhatian ekstra terhadap permasalahan ini.





"Partai Perindo meminta pemerintah untuk terus melakukan langkah-langkah preventif agar kenakalan remaja dan pernikahan dini dapat ditekan. Salah satunya bisa bekerja sama dengan lembaga pendidikan atau sekolah untuk melakukan pendidikan seks dan pendidikan pranikah (khusus siswa menengah atas)," jelasnya.

Selain itu, Ike juga mengimbau kepada orang tua siswa untuk senantiasa mengawasi pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus pergaulan bebas. Seperti narkoba, minuman keras hingga seks bebas.

"Beberapa cara bisa dilakukan, seperti tidak memberikan handphone kepada anak yang masih di bawah umur. Berlakukan jam malam pada anak, sehingga anak tidak pulang terlalu larut malam. Lalu, berikan pendidikan seks sejak dini," terangnya.

Sebagaimana diketahui, akhir-akhir ini kasus pernikahan dini di berbagai daerah di Indonesia semakin meningkat. Meningkatnya angka pernikahan dini tersebut diduga lantaran fenomena seks bebas yang terjadi di kalangan remaja.

Bahkan, menurut data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), sebanyak 60 persen remaja di usia 16 hingga 17 tahun sudah melakukan hubungan intim.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)