Soal Sosok Bakal Cawapres Pendamping Ganjar, Ferry Kurnia: Harus Miliki Rekam Jejak Kepemimpinan

Selasa, 22 Agustus 2023 - 21:57 WIB
loading...
Soal Sosok Bakal Cawapres Pendamping Ganjar, Ferry Kurnia: Harus Miliki Rekam Jejak Kepemimpinan
Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo adalah seseorang yang memiliki rekam jejak kepemimpinan dan paham tentang isu-isu penting yang dihadapi oleh negara.

Hal tersebut disampaikan Ferry menanggapi hasil survei Litbang Kompas terkait elektabilitas kepemimpinan para kandidat Bacawapres untuk Pilpres 2024.

"Ini akan memberikan keyakinan kepada pemilih bahwa pasangan tersebut dapat bekerja secara sinergis untuk memajukan negara," kata Ferry Kurnia, Selasa (22/8/2023).



Ferry Kurnia, yang juga merupakan Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat I (Kota Bandung dan Cimahi) itu, mengatakan, mengingat adanya suara floating yang signifikan, sosok Cawapres tersebut juga perlu memiliki daya tarik dan kemampuan untuk menarik pemilih yang belum memutuskan pilihannya.

"Penting untuk memilih seseorang yang memiliki kompatibilitas ideologi dan visi yang sejalan dengan Mas Ganjar, sehingga pasangan tersebut dapat bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh pemilih," ucap mantan Komisioner KPU ini.

Sebagaimana diketahui, Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilu 2024. Berdasar survei yang dilakukan pada 27 Juli-7 Agustus 2023 disebutkan ada tiga nama cawapres yang elektabilitasnya paling tinggi yakni Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Erick Thohir.

Ketiga nama itu bersaing ketat dengan elektabilitas pada angka 8%. Ridwan Kamil yang masih bertugas sebagai Gubernur Jawa Barat berada di urutan pertama dengan elektabilitas 8,4%.



"Sekarang Ridwan Kamil berada di posisi atas," ungkap peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, Selasa (22/8/2023).

Dalam hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Mei 2023, Ridwan Kamil berada di posisi kedua. Sementara, Sandiaga Uno berada di posisi pertama.

Sebaliknya, dalam hasil survei Litbang Kompas Agustus 2023, Ridwan Kamil yang elektabilitasnya terpotret paling tinggi. Dia menyusul Sandiaga Uno yang kini berada di bawahnya dengan angka elektabilitas 8,2%. Sementara di posisi ketiga, kini ada nama Erick Thohir dengan elektabilitas 8%.

Menurut Bambang, perubahan elektabilitas cawapres yang terpotret melalui survei Litbang Kompas menunjukkan pemilihan cawapres masih penuh dengan dinamika. Apalagi setelah Partai Golkar dan PAN bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2150 seconds (0.1#10.140)