Kasus Covid-19 di Indonesia Bakal Tembus 1 Juta? Begini Jawaban Wiku

Kamis, 30 Juli 2020 - 12:28 WIB
loading...
Kasus Covid-19 di Indonesia Bakal Tembus 1 Juta? Begini Jawaban Wiku
Pelaksanaan swab test di Surabaya, Jawa Timur. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito merespons pertanyaan apakah angka positif Covid-19 di Indonesia akan menembus 1 juta di akhir Desember 2020.

"Kami perlu jelaskan bahwa bila kita lakukan dengan tepat cara preventif dan promotif dengan protokol kesehatan, prediksi angka seperti ini tidak akan tercapai," tegas Wiku di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

Maka dari itu, tegas Wiku, yang menentukan jumlah kasus yang ada di Indonesia adalah perilaku menjalankan protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia. "Mari kita tidak menunggu angkanya meningkat. Tetapi kita melakukan perubahan perilaku." ( ).

"Begitu juga apabila kita melihat tentang rasio jumlah kasus per 1 juta penduduk dan inilah yang harusnya dilihat di dalam melihat perkembangan kasus Indonesia dibandingkan negara-negara lain di dunia," kata Wiku.

Wiku mengatakan saat ini Indonesia berada pada ranking 143 dari 215 negara di dunia yang terpapar Covid-19. Ia pun meminta masyarakat untuk menjaga dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. "Hal ini tidak untuk mengatakan bahwa kita harus santai, tidak. Kita harus tetap serius menjaga supaya kasus ini tidak meningkat dan kita bisa mengendalikan," kata Wiku seraya menekankan kembali jalankan protokol kesehatan secara disiplin.(Lihat Juga Infografis: Vaksin Covid-19, Jangan Menjadikannya Ladang Bisnis ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)