Wujudkan Tujuan Bernegara, Indonesia Perlu Pahami 3 Potensi Ini

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 13:08 WIB
loading...
A A A
Kedua, Indonesia harus memiliki satu kesepakatan tentang bernegara yang tak boleh diperdebatkan lagi. Ketiga, kesadaran membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul karena hampir seluruh negara maju karena ditopang dengan SDM yang kuat.

"Contohnya Hong Kong, Jepang, Singapura, Korea Selatan, dan ada juga negara yang ditopang dengan SDA saja dia tidak mampu memanfaatkan resources yang dimiliki. Ada juga negara yang memiliki SDA dan ditopang dengan SDM, contohnya Norwegia, Swedia itu menjadi negara terbahagia di dunia," ucapnya.

Dengan berbagai potensi yang dimiliki, lanjut Abdy, Indonesia memiliki satu kesepakatan bernegara. Oleh karena itu, dirinya meyakini bahwa buku ini akan menjadi sebuah ide dan gagasan bagi Indonesia. "Untuk mencapai janji kemerdekaan sebagaimana tertuang dalam Pembukaan UUD 1945," ungkapnya.

Peneliti politik CSIS Philips J Vermonte juga mengamini sudah saatnya politik Indonesia diisi ide dan gagasan. “Karena itu, saat ini dan ke depan yang dibutuhkan adalah kebijakan teknokratis,” ujarnya.

(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1948 seconds (0.1#10.140)