Museum SBY-Ani Tampilkan 3 Memori dan Pesan Moral untuk Calon Pemimpin Bangsa

Kamis, 17 Agustus 2023 - 23:40 WIB
loading...
Museum SBY-Ani Tampilkan 3 Memori dan Pesan Moral untuk Calon Pemimpin Bangsa
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Museum dan Galeri SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur.
A A A
JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) meresmikan Museum dan Galeri SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur. Peresmian tersebut bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 RI.

Dalam sambutannya, SBY mengungkap, museum yang menampilkan hasil karyanya dan mendiang sang istri itu akan menampilkan 3 memori, serta menyampaikan pesan moral kepada siapa pun yang akan mengemban amanah. Pertama adalah berbuat yang terbaik untuk bangsa tanpa menyalahkan masa lalu.

"Memori kedua, kita dulu, saya kira masih ingat dalam mencapai tujuan, dalam mengemban misi memilih menggunakan cara yang patut, kita peduli pada cara untuk mencapai tujuan, kita tidak memilih cara yang tidak patut seperti sering dikatakan banyak orang, menghalalkan segala cara," kata SBY saat peresmian, Kamis (17/8/2023).



"Kita tidak mau meninggalkan apalagi melanggar, dalam mencapai tujuan, mengatasi masalah berat seolah tidak bisa kita lakukan, tapi kita teguh untuk tidak meninggalkan dan melanggar konstitusi, pranata hukum, kaidah moral dan etika dan nilai keadilan serta demokrasi," sambungnya.

Kemudian, memori ketiga adalah bagaimana memaknai kekuasaan. Seseorang yang ingin berkuasa, kata SBY, harus menggunakan cara yang halal dan sah. "Bukan hanya cara memperoleh kekuasaan, tetapi dalam menggunakan kekusaan itu kita ingin patut, baik dan benar," katanya.

Baca Juga: Bangun Museum SBY-Ani, SBY Punya Kecintaan Besar terhadap Museum

SBY menambahkan, di balik semua hasil karya yang dipajang, ada tujuan besar untuk membuat Indonesia teduh dengan seni. "Itu yang terpajang, tapi di balik itu semua ada tujuan besar, ini yang saya maksudkan. Indonesia ini harus terus menerus disiram dengan keteduhan dan keindahan. Dunia estetika harus hadir mendampingi dunia logika dan etik," katanya.

SBY percaya hadirnya seni dalam kehidupan masyarakat kita akan mendatangkan kedamaian, ketentraman, kasih sayang dan rasa persaudaraan, ini peran dan misi suci para seniman dan budayawan. “Kami punya cita-cita untuk menjadi bgaian dari dunia seni dan budaya agar negeri ini ke depan makin indah dan damai," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)