Museum dan Galeri SBY-Ani Resmi Dibuka, Berisi Perjalanan Hidup Presiden ke-6 RI

Kamis, 17 Agustus 2023 - 23:01 WIB
loading...
Museum dan Galeri SBY-Ani Resmi Dibuka, Berisi Perjalanan Hidup Presiden ke-6 RI
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan pembukaan Museum dan Galeri SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan pembukaan Museum dan Galeri SBY-Ani di Pacitan, Jawa Timur. Museum ini berisi tentang perjalanan masa muda SBY dari Pacitan hingga menjadi abdi negara Indonesia.

Adapun acara peresmian juga dihadiri oleh putra putri SBY yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Edhie Baskoro Yudhoyono dan Annisa Pohan. Sementara itu terlihat juga Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan dua Wakil Presiden SBY yaitu Jusuf Kalla dan Budiono.

SBY menyatakan museum dan galeri tersebut dipersembahkan untuk rakyat Indonesia. SBY menyatakan museum ini dapat menembus dimensi waktu baik itu masa lalu, sekarang dan depan. “Diresmikan hari ini, tanggal 17 Agustus 2023, karena hari ini adalah hari yang bersejarah, hari kemerdekaan Republik Indonesia. Museum ini menjadi bagian dari perjalanan bangsa kita ke arah yang lebih baik. Belajar dari masa lalu, hidup di masa kini, dan membangun harapan untuk masa depan,” kata SBY dalam sambutannya, Kamis (17/8/2023).



SBY juga berharap dihadirkannya museum itu bisa menginspirasi generasi muda yang akan menjdi penerus bangsa. Sehingga, mampu membawa berkah terutama untuk masyarakat Pacitan tempat dimana museum itu dibangun. “Untuk meraih cita-cita besar, tidak ada jalan yang lunak, tidak ada resep ajaib. Tapi dengan pilihan prinsip dan jalan yang benar, selalu ada jalan dan solusi,” ucap SBY.

Selain berisi perjalanan SBY saat dirinya muda di Pacitan dan pengabdiannya untuk Indonesia, Museum ini juga berisi galeri hasil koleksi seni SBY dan Ani Yudhoyono. Koleksi ini datang dari seniman-seniman Indonesia hingga hasil karya tangan sendiri.

Baca Juga: Bangun Museum SBY-Ani, SBY Punya Kecintaan Besar terhadap Museum

“Sebagian besar adalah karya seniman-seniman Indonesia. Ada juga lukisan saya, serta fotografi karya Ibu Ani. Kami punya cita-cita menjadi bagian dari seni budaya agar Indonesia semakin indah dan teduh. Hadirnya seni akan mendatangkan kedamaian, ketentraman, dan kerukunan antar sesama,” tuturnya.

Acara peresmian ditutup dengan tur keliling museum dua lantai ini. Museum dan Galeri SBY-Ani ini juga akan dibuka untuk umum mulai Jumat, 18 Agustus 2023, besok.

Harga Tiket Masuk (HTM) untuk warga Pacitan cukup hanya membayar Rp25.000 sekali masuk, sedangkan untuk wisatawan lokal luar Pacitan dikenakan harga Rp50.000, sementara untuk wisatawan mancanegara adalah Rp100.000. “Semoga ini membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua, masyarakat Pacitan, masyarakat Jawa Timur, dan masyarakat Indonesia,” tutup SBY.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1220 seconds (0.1#10.140)