Renungan Suci di TMP Kalibata, Presiden Jokowi Doakan Arwah Para Pahlawan

Kamis, 17 Agustus 2023 - 02:05 WIB
loading...
Renungan Suci di TMP Kalibata, Presiden Jokowi Doakan Arwah Para Pahlawan
Presiden Jokowi memimpin apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023) dini hari. FOTO/MPI/REFI SANDI
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) memanjatkan doa untuk para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Doa itu dipanjatkan saat memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (17/8/2023) dini hari.

"Kami berdoa agar semoga para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa di tempat yang sebaik-baiknya," ucap Jokowi saat membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata.

Jokowi dan peserta upacara yang hadir bersumpah serta berjanji berjalan sesuai dengan perjuangan jasa pahlawan. "Kami bersumpah dan berjanji perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga," ujarnya.



Upacara apel kehormatan dan renungan suci yang merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI untuk mengenang jasa para pahlawan. Ia juga menyebut sebanyak 10.304 pahlawan yang telah gugur dimakamkan di TMP Kalibata.

"Pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini sebanyak TNI dan Polri 9.276 pahlawan, Badan Perjuangan sebanyak 913 pahlawan, tokoh nasional 72 pahlawan, tidak dikenal 43 pahlawan, jumlah 10.304 pahlawan," papar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga mengenang pahlawan yang tidak dikenal yang ada di dusun, lereng gunung, hingga dasar lautan. Ia pun menyampaikan rasa hormat sebesar-besarnya.

"Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi pada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa," tuturnya.



Sejumlah pejabat mengikuti acara apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kalibata. Mulai dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto.

Sementara itu, hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju di antaranya Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menkop UKM Teten Masduki.

Kemudian Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menpora Dito Ariotedjo, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, dan sejumlah pejabat lainnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2946 seconds (0.1#10.140)