Jenderal TNI Bintang 3 Muda Masih Aktif Bertugas, Nomor 3 Komandan Upacara 17 Agustus 2014

Kamis, 17 Agustus 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Belum lama ini, Teguh Pudjo Rumekso ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketua Regu Pelaksana Pemantau Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran HAM (PPHAM) berat. Penunjukan itu berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 2023 tentang Tim Pemantau Pelaksanaan Rekomendasi Penyelesaian Non-Yudisial Pelanggaran Hak Asasi Manusia yang Berat.

Jenderal bintang 3 asal Medan, Sumatera utara ini mengawali karier di militer dengan menjadi perwira pertama Pussenif Kodiklat TNI AD pada 1991. Tak lama setelahnya, ia berlanjut menjadi perwira kodam V/Brawijaya di tahun 1992. Saat menempuh pangkat perwira menengah atau Letnan Kolonel (Letkol), Teguh dipercaya untuk menjadi Dandim 0904/Tanah Grogot dan kemudian masuk ke ring 1 Istana dengan menjabat sebagai Wadan Grup B paspampres.

Pada 2011, Teguh Pudjo Rumekso mendapat promosi sebagai Asops Kasdam VI/Mulawarman. Berkat promosi ini pangkatnya naik menjadi kolonel. Selanjutnya ia ditarik menjadi PJU Biro Pengamanan Setmilpres pada 2013. Di tahun terakhir masa jabatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Teguh Pudjo terpilih menjadi Komandan Upacara 17 Agustus 2014 di Istana Negara.

Setelah itu, karier militernya terus menanjak. Tentara kelahiran 20 April 1968 ini pecah bintang satu ketika dipromosikan menjadi Wadanpussenif Kodiklatad pada 2016. Satu tahun berikutnya, Teguh dialihtugaskan menjadi Kasdam VI/Mulawarman. Hingga pada 2018 ia pecah bintang dua setelah dikembalikan ke Pussenif menjadi Danpussenif Kodiklatad.

Dua tahun menjadi Danpussenif Kodiklatad, Teguh kemudian dimutasi menjadi Danpuspenerbad untuk men-support mobilitas tempur TNI AD. Setahun kemudian ditunjuk sebagai Pangdam VI/Mulawarman.

Selama meniti karier di Korps Baret Merah Kopassus, nama Teguh Pudjo Rumekso ini juga diketahui berpengalaman di bidang pertempuran. Ia tercatat pernah melakukan sejumlah operasi diantaranya seperti Operasi Seroja Timor Timur sekarang Timor Leste, serta operasi pengamanan perbatasan Indonesia dan Malaysia.

Berbekal dengan pengalamannya itu, Presiden Jokowi pun tak ragu untuk menunjuk peraih Adhi Makayasa atau tamatan terbaik Akademi Militer (Akmil) 1991 ini untuk menjadi Sesmenko Polhukam. Dengan jabatan barunya itu, Teguh Pudjo Rumekso pun otomatis naik pangkat setingkat lebih tinggi atau atau menjadi Letnan Jenderal (Letjen) dengan pangkat bintang tiga.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3959 seconds (0.1#10.140)