Megawati Instruksikan Perkuat Akar Rumput Usai Golkar-PAN Dukung Prabowo

Selasa, 15 Agustus 2023 - 16:15 WIB
loading...
Megawati Instruksikan Perkuat Akar Rumput Usai Golkar-PAN Dukung Prabowo
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat memberikan sambutan Penyerahan Piagam Penghargaan Rekor MURI dan Leprid di Lapangan Teluk Pinang, Teluk Pinang, Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023). FOTO/MPI/ACHMAD AL FIQRI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepada jajarannya memperkuat akar rumput. Instruksi diberikan usai Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Instruksi Megawati itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di hadapan kader banteng saat memberikan sambutan Penyerahan Piagam Penghargaan Rekor MURI dan Leprid atas Program Pemeriksaan Kesehatan dan Pembagian Kacamata Baca Gratis di Lapangan Teluk Pinang, Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).

Hasto mengatakan, instruksi itu diberikan saat dirinya melaporkan piagam penghargaan Rekor MURI dan Leprid kemarin lusa. Saat itu, Megawati langsung bertanya terkait kabar bergabungnya Golkar dan PAN ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).



"Ibu bertanya kepada saya kamu lihat acaranya tidak? saya lihat Ibu. Apakah arahan Ibu dalam menyikapi kerja sama partai politik?' Dijawab Ibu adalah, 'perkuat akar rumput. Turun ke bawah bersama dengan rakyat, perkuat akar rumput karena bagi PDIP politik itu bukan hypes politics, the real politics itu berada di grass roots'," kata Hasto sambil menirukan percakapan dengan Megawati.

Kendati demikian, Hasto merasa kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian kacamata baca gratis itu merupakan bentuk politik yang diperjuangkan PDIP sesungguhnya. Ia berharap pengharagaan rekor MURI itu fapat memotivasi para kajaran PDIP lainnya.

"Tetapi yang terpenting, bahwa peri kehidupan rakyat itu dapat kita tingkatkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Karena sedikit lagi kita akan merayakan 78 tahun kemerdekaan RI, Merah Putih telah kita kibarkan dengan suatu perjuangan yang tidak mudah, dengan tetesan keringat dan air mata, dengan pengorbanan jiwa dan raga," kata Hasto.



"Karena itulah mari kita gunakan momentum untuk peringati 78 tahun RI dengan gelorakan semangat Indonesia yang berdikari. Sebab, hanya bangsa yang berani nasib bangsa dan nasib tanah air kita sendiri akan berdiri dengan kuatnya. Itu pesan dari Bung Karno sebelum bacakan teks Proolamasi," tandasnya.

Untuk diketahui, Partai Golkar dan PAN resmi bergabung dalam KKIR yang terdiri dari Partai Gerindra dan PKB pada Minggu (13/8/2023). Empat parpol ini mengusung Prabowo Subianto sebagai Bacapres 2024.

Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya memilih dukungan kepada Prabowo dikarenakan lantaran Menhan itu merupakan lahir dari Partai Golkar.

"Tidak lain tidak bukan, karena Bapak Jenderal Letnan Jenderal Pak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar," kata Airlangga di Museum Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2023).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)