Peraih Adhi Makayasa 90-an yang Kini Berpangkat Irjen, Nomor 5 Jabat Kadiv Humas Polri

Minggu, 13 Agustus 2023 - 14:06 WIB
loading...
Peraih Adhi Makayasa 90-an yang Kini Berpangkat Irjen, Nomor 5 Jabat Kadiv Humas Polri
Sejumlah nama peraih Adhi Makayasa Akpol tahun 1990-an kini telah menyandang pangkat jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen). Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sejumlah nama peraih Adhi Makayasa Akpol tahun 1990-an kini telah menyandang pangkat jenderal bintang dua atau Inspektur Jenderal (Irjen). Salah satunya saat ini menjabat Kadiv Humas Polri.

Adhi Makayasa merupakan penghargaan tahunan yang biasa disematkan untuk lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri. Pada kaitannya dengan Akademi Kepolisian (Akpol), telah banyak juga peraihnya yang kariernya terus melesat mencapai pangkat perwira tinggi (pati).



Sebagai contoh, bisa diambil kelompok peraih Adhi Makayasa Akpol tahun 1990-an. Dari sekian nama, beberapa di antaranya sudah menyandang pangkat Inspektur Jenderal Polisi (bintang dua). Siapa sajakah mereka?

Peraih Adhi Makayasa Akpol 1990-an yang Sandang Pangkat Bintang 2

1. Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Sahlisosek Kapolri

Inspektur Jenderal Polisi Herry Rudolf Nahak diketahui sebagai jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990. Pada proses pendidikannya, dia menjadi lulusan terbaik dan menerima penghargaan Adhi Makayasa.

Peraih Adhi Makayasa 90-an yang Kini Berpangkat Irjen, Nomor 5 Jabat Kadiv Humas Polri


Pada perjalanan kariernya, Herry telah banyak mencicipi posisi strategis di kepolisian. Tahun 2019, dia ditunjuk menjadi Kapolda Papua Barat. Tak lama setelahnya, dia dimutasi menjadi Asisten Operasi (Asops) Kapolri.

Pertengahan tahun 2020, Herry beralih tugas sebagai Kapolda Kalimantan Timur. Sekitar setahun menjabat, dia dirotasi menjadi Kasespim Lemdiklat Polri. Barulah pada penghujung 2022 lalu, namanya ditunjuk menjadi Staf Ahli Sosial Ekonomi (Sahlisosek) Kapolri.

2. Irjen Pol Suharyono, Kapolda Sumbar

Irjen Pol. Suharyono merupakan salah seorang perwira tinggi (pati) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Saat ini, dia tengah mengemban tugas sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar).

Peraih Adhi Makayasa 90-an yang Kini Berpangkat Irjen, Nomor 5 Jabat Kadiv Humas Polri


Melihat ke belakang, Suharyono dilantik sebagai Kapolda Sumbar pada Oktober 2022 lalu. Waktu itu, prosesi pelantikan dilakukan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Pada riwayatnya, Suharyono adalah jebolan Akademi Kepolisian (Akpol) 1992. Pria kelahiran 2 Desember 1966 ini menjadi lulusan terbaik dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1394 seconds (0.1#10.140)