Sederet Tanda Kehormatan Diterima Ganjar Pranowo, Nomor 2 Bintang Jasa Utama

Minggu, 13 Agustus 2023 - 05:13 WIB
loading...
A A A
Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diserahkan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono pada Malam Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemda di Alun-Alun Kabupaten Kulonprogo, Senin, 25 April 2016 malam.

Tanda kehormatan ini merupakan Satyalancana Sipil yang derajatnya sama dengan Satyalancana lainnya. Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha tidak berkelas, berpita gantung, dianugerahkan atau diberikan dengan Keputusan Presiden, dan dapat dianugerahkan kepada WNI yang memenuhi persyaratan.

4. Lencana Melati Pramuka


Penghargaan ini disematkan secara langsung dalam upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 di Gedung Pandansari Cibubur, Jakarta, Rabu, 12 Agustus 2020 siang. Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi secara virtual dari Istana Negara.

Dalam acara itu, Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Majelis Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menerima penghargaan Lencana Melati dari Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Komjen (Purn) Budi Waseso.

Penghargaan ini diberikan kepada Ganjar atas jasa dan pengabdiannya yang luar biasa bagi gerakan Pramuka, baik bagi Pramuka Jawa Tengah maupun nasional. Ganjar mengaku selalu menekankan kepada Pramuka untuk aktif berkegiatan, misalnya ketika ada bencana, kegiatan kemanusiaan, dan acara keagamaan.

Dia mengungkapkan bahwa Pramuka Jawa Tengah sejauh ini selalu aktif memberikan pertolongan. "Mereka (Pramuka) selalu terdepan. Biasanya kalau ada acara mereka akan muncul, mereka bahkan bisa berkomunikasi dan menyampaikan aktivitas melalui medsos. Inilah kenapa saya menginisiasi adanya Saka Milenial dengan harapan bisa sharing (berbagi), orang bisa mengikuti tanpa harus bertemu apalagi di masa pandemi,” kata Ganjar dikutip dari laman resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Adapun Saka Milenial merupakan kepanjangan dari Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital yang digagas oleh Ganjar.

5. Satyalancana Wira Karya

Sederet Tanda Kehormatan Diterima Ganjar Pranowo, Nomor 2 Bintang Jasa Utama


Penghargaan ini disematkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin kepada Ganjar dalam acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke-30 di Banyuasin, Sumatera Selatan, Kamis, 6 Juli 2023. Penghargaan ini diberikan atas dedikasinya menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

Pemberian penghargaan itu sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 TK Tahun 2023 tentang penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana Wira Karya. Ditetapkan pada 3 Juli 2023 oleh Presiden Jokowi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1356 seconds (0.1#10.140)