Mendikbudristek Buka Olimpiade Geografi Internasional ke-19 di Bandung

Rabu, 09 Agustus 2023 - 13:27 WIB
loading...
Mendikbudristek Buka Olimpiade Geografi Internasional ke-19 di Bandung
Mendikbudristek Nadiem Makarim didampingi oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin, serta Co-Chair International Geography Union (IGU) Susan Lomas dan Su Min Shen. (Foto: dok Kemendikbud)
A A A
BANDUNG - Olimpiade Geografi Internasional atau International Geography Olympiad (iGeo) ke-19 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Gedung Merdeka, Bandung pada Selasa (8/8/23).

Mendikbudristek didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin, serta Co-Chair International Geography Union (IGU) Susan Lomas dan Su Min Shen.

Nadiem mengungkapkan kegembiraannya karena satu lagi ajang bergengsi internasional diadakan di Indonesia. "Saat ini Indonesia menjadi negara favorit tuan rumah acara internasional. Kemendikbudristek menyampaikan apresiasi atas kolaborasi bersama antara Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat dengan iGeo Task Force, sehingga iGeo ke-19 dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya dalam acara pembukaan.

Selain kepada tim Indonesia, Nadiem pun memberikan apresiasi dan rasa bangganya kepada seluruh peserta iGeo ke-19 atas keberanian untuk berkompetisi di salah satu ajang sains bergengsi dunia. “Menang ataupun kalah, nikmatilah perjalanannya. Kenangan berada di negara yang belum pernah kalian lihat sebelumnya akan menjadi kenangan indah seumur hidup kalian” ujar Nadiem kepada para peserta.

“Kompetisi ini akan membuat kalian bertemu dengan orang-orang yang belum pernah kalian temui sebelumnya, serta berpotensi membina persahabatan seumur hidup kalian. Hal itu akan bertahan lebih lama daripada medali,” tutur Mendikbudristek.

Sementara itu, Co-Chair International Geographical Union (IGU) Olympiad Task Force, Susan Lomas mengungkapkan bahwa mempelajari studi geografi menjadikan kita belajar tentang dunia, masyarakat, dan lingkungan kita.

“Hal tersebut akan membantu kalian mengambil posisi sebagai orang dewasa dalam masyarakat yang lebih rumit dengan pemahaman dan kepercayaan diri untuk menantang hal-hal yang menurut kalian harus
berbeda,” ucapnya.

Dalam laporannya, Tatang Muttaqin menjelaskan bahwa iGeo 2023 mempertemukan 177 siswa tingkat Sekolah Menengah Atas dari 46 negara. Setelah tiga tahun terakhir diselenggarakan secara daring karena pandemi Covid-19, maka tahun ini iGeo diselenggarakan secara luring.

Selain untuk menyemai talenta muda di bidang sains, iGeo juga berfungsi sebagai katalisator untuk pertukaran ide, pembelajaran, dan pemahaman budaya antarbangsa. Sebagai bentuk pentingnya pengembangan industri kreatif, inklusivitas, dan harmoni dalam lingkungan perkotaan.

Mendikbudristek Buka Olimpiade Geografi Internasional ke-19 di Bandung

Ajang kompetisi sains di bidang geografi paling bergengsi untuk pelajar sekolah menengah iGeo diselenggarakan di kota Bandung, Jawa Barat, mulai 8 sampai dengan 14 Agustus 2023 dengan mengambil tema “Creative City for Inclusive Urban Community”. iGeo 2023 diselenggarakan atas kerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Pemerintah Provinsi Jawa Barat, serta Ikatan Alumni Tim Olimpiade Geografi Indonesia (IA TOGI).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2408 seconds (0.1#10.140)