Deretan Pangkostrad yang Pernah Jabat Pangdam Siliwangi, Nomor 3 dan 4 Melesat Jadi KSAD

Senin, 07 Agustus 2023 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Proses pengangkatannya sebagai KSAD saat itu menuai protes dari berbagai kalangan. Salah satunya dari Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) yang menganggap terdapat unsur nepotisme karena Pramono Edhie merupakan adik dari Ibu Negara Ani Yudhoyono atau ipar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Namun pendapat tersebut memang tak sepenuhnya benar mengingat banyaknya penghargaan yang diterimanya. Mulai dari bintang, satyalancana, hingga brevet dan wing.

Beberapa brevet yang disandangnya terdiri dari, Brevet Kualifikasi Komando Kopassus, Brevet Para Utama, Brevet Free Fall, Brevet Kualifikasi Penanggulangan Teror, Brevet Kualifikasi Intai Tempur, Brevet Kualifikasi Intai Amfibi, Brevet Kualifikasi Komando Paskhas, Brevet Denjaka, Brevet Hiu Kencana, dan Wing Penerbang TNI AU.

Kemudian ada pula brevet yang didapatnya dari luar negeri seperti, Basic Military Freefall Parachutist Badge (US Army), Master Parachutist Badge (US Army), dan Pathfinder Badge (US Army).

Setelah pensiun dari militer, Pramono Edhie terjun ke dalam dunia politik dan bergabung dengan Partai Demokrat menjadi salah satu Anggota Dewan Pembina Partai pada tahun 2013.

Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo meninggal pada 13 Juni 2020 karena mengalami serangan jantung. Jenazah jenderal bintang empat ini dimakamkan pada 14 Juni 2020 di TMP Kalibata.

5. Letjen TNI Muhammad Munir

Muhammad Munir menjabat sebagai Pangkostrad pada 2012 hingga 2013, dimana setahun sebelumnya di mengemban amanat sebagai Pangdam Siliwangi. Munir merupakan alumnus Akademi Militer di Magelang tahun 1983 dan berasal dari kecabangan infanteri.

Munir tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Pria kelahiran Kendal, Jawa Tengah, 28 Oktober 1958 ini pernah menjadi ajudan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2004 saat masih berpangkat Kolonel.

Pecah bintang menjadi jenderal bintang satu, Munir dipercaya menjabat sebagai Kepala Staf Divif 1 Kostrad pada 2009 dan Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya pada 2010.

Selanjutnya, dia menjabat Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad di tahun yang sama dengan mengemban pangkat Mayor Jenderal (Mayjen). Dia lalu dimutasi menjadi Pangdam Siliwangi pada 2011.

Karier Munir di dunia militer makin bersinar dengan dipercaya menjadi Pangkostrad ke-34 menggantikan Letjen TNI Azmyn Yusri Nasution pada 2012. Jenderal bintang tiga ini lantas mendapat promosi sebagai Wakil KSAD menggantikan Jenderal TNI Moeldoko yang naik jabatan menjadi KSAD pada 2013.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1723 seconds (0.1#10.140)