Menteri, Wamen, hingga Wantimpres Wanita Kompak Kenakan Kebaya Merah Putih Istana Berkebaya

Minggu, 06 Agustus 2023 - 17:36 WIB
loading...
Menteri, Wamen, hingga Wantimpres Wanita Kompak Kenakan Kebaya Merah Putih Istana Berkebaya
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo (kiri) tampil mengenakan kebaya merah putih di acara Istana Berkebaya, Minggu (6/8/2023). FOTO/MPI/Wiwie Heryani
A A A
JAKARTA - Sejumlah menteri, wakil menteri, dan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ikut catwalk di panggung event Istana Berkebaya di Jalan Medan Merdeka Utara, depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (6/8/2023) sore. Salah satunya adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo.

Selain Angela, terlihat pula Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah. Mereka kompak mengenakan kebaya atasan putih dan dipadukan dengan selendang berwarna merah.

Angela tampak anggun mengenakan kebaya dengan motif bunga berwarna merah, oranye, pink, dan hijau sembari membawa kipas. Sedangkan Sri Mulyani satu-satunya yang membawa tas dan payung saat melaksanakan fashion show di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin.



Istana Berkebaya sebelumnya dibuka oleh Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. Jokowi mengenakan baju sadariah berwarna hitam sedangkan Iriana mengenakan kebaya berwarna merah.

Jokowi menyebut baju kebaya yang dikenakan para wanita Indonesia melambangkan karakter bangsa dari masa lampau.

"Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, yang lemah lembut, yang sopan, dan bersahaja," kata Jokowi dalam sambutannya membuka event Istana Berkebaya.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Istana Berkebaya, saya nyatakan dibuka terima kasih," kata Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi.



Sementara Iriana dalam kesempatan tersebut menyampaikan sebuah pantun. "Sebelum acara dimulai izin Pak Jokowi saya mau berpantun. Bunga Menur Bunga Raflesia, Mekar Sekuntum Merah Merona, Citra Luhur Wanita Indonesia, Pribadi Anggunnya Dengan Kebaya," kata Iriana Jokowi.

Untuk diketahui, Istana Berkebaya akan menampilkan peragaan busana kebaya dari sejumlah desainer, artis ternama, dan Putri Indonesia. Event ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia. Sebelumnya pemerintah juga melakukan pemecahan rekor dunia bermain angklung terbanyak di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Sabtu (5/8/2023) malam.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)