Hari Ini Wapres Pimpin Rapat Bahas Bencana Kelaparan di Papua

Rabu, 02 Agustus 2023 - 08:18 WIB
loading...
Hari Ini Wapres Pimpin Rapat Bahas Bencana Kelaparan di Papua
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dijadwalkan akan memimpin rapat koordinasi membahas bencana kelaparan dan kekeringan di Papua Tengah di rumah dinasnya, Jakarta, hari ini. Foto/Dok Setwapres
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dijadwalkan akan memimpin rapat koordinasi membahas bencana kelaparan dan kekeringan di Papua Tengah di rumah dinasnya, Jakarta, hari ini. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), lebih 7.500 orang mengungsi dan 6 orang meninggal dunia akibat bencana kelaparan ini.

Selaku Ketua Badan Pengarah Papua, Wapres memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, hingga Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso hari ini.

“Ini sebagai tindak lanjut perintah presiden agar peristiwa di Papua Tengah itu cepat teratasi. Semua undangan direncanakan hadir pada rapat internal yang diselenggarakan di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro No. 2 Jakarta Pusat,” ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Rabu (2/8/2023).





Masduki mengatakan peristiwa kekeringan atau kemarau panjang telah menyebabkan sejumlah tanaman yang menjadi makanan pokok seperti umbi-umbian gagal panen di Distrik Lambewi, Agandugume, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. “Menurut laporan pemerintah setempat, inilah antara lain yang menjadi sebab terjadinya kelaparan di sana,” katanya.

Dia menjelaskan agenda utama rapat internal tersebut adalah mengoordinasikan upaya percepatan penanganan bencana kekeringan dan kelaparan yang melanda Papua Tengah serta mengantisipasi agar peristiwa seperti di Papua Tengah tersebut tak terjadi di tempat lain. “Hal ini sebagai tindak lanjut perintah Presiden untuk menangani secepatnya dan bentuk respons cepat Wapres selaku Ketua Badan Pengarah Papua,” pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1878 seconds (0.1#10.140)