Miliki Tiga Keunggulan, Airlangga Hartarto Berpeluang Besar Jadi Cawapres 2024

Senin, 31 Juli 2023 - 20:32 WIB
loading...
Miliki Tiga Keunggulan, Airlangga Hartarto Berpeluang Besar Jadi Cawapres 2024
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki potensi untuk menjadi Cawapres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memiliki potensi untuk menjadi calon wakil presiden (Cawapres) 2024. Sebab Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini memiliki tiga keunggulan.

Direktur CPI - LSI Denny JA Hanggoro Doso Pamungkas mengatakan, ketua umum partai politik terbesar nomor dua ini kompeten untuk isu ekonomi. Isu yang sangat penting pasca Covid19. Selain itu, Airlangga juga memiliki akses pada sumber dana. “Soal capres itu soal elektabilitas calon. Tapi soal cawapres itu adalah soal kesepakatan elite partai. Airlangga harus memainkan tiga kartu AS itu untuk melobi,” katanya, Senin (31/7/2023).

Anggoro menilai, Airlangga Hartarto memiliki nilai lebih. Karena di samping memiliki kompetensi isu ekonomi, Airlangga juga merupakan Ketum Partai Golkar, partai terbesar nomor dua di Indonesia. Selain itu, Airlangga juga memiliki akses ke sumber dana.



“Tapi, jika menjadi capres itu sangat ditentukan oleh elektabilitas, untuk menjadi cawapres itu lebih besar dipengaruhi oleh lobi tingkat elite. Di titik ini, Airlangga Hartarto perlu lebih memainkan kartu AS-nya,” ucapnya.



Untuk Ganjar Pranowo, kata Anggoro, memerlukan penguatan cawapres secara teritorial. “Untuk tambahan dukungan di Jawa Barat atau Jawa Timur mengemuka dua tokoh. Khofifah Indar Parawansa untuk di Jawa Timur. Ridwan Kamil (Kang Emil) untuk di Jawa Barat,” jelas Hanggoro.

Akan tetapi, jika Ganjar perlu penguatan cawapres soal isu ekonomi, maka mengemuka beberapa nama tokoh lain, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Parekraf Sandiaga Uno dan Menko Ekonomi Airlangga Hartarto. “Sedangkan cawapres Ganjar untuk dukungan pemilih Islam besar kemungkinan akan mempertimbangkan tokoh NU. Ada beberapa nama yang masuk radar dan berpotensi menjadi cawapres Ganjar,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1986 seconds (0.1#10.140)