Kursus Kepemimpinan Dasar Pemuda Katolik Dinilai Langkah Baik Pembentukan Pemimpin

Minggu, 30 Juli 2023 - 20:11 WIB
loading...
Kursus Kepemimpinan Dasar Pemuda Katolik Dinilai Langkah Baik Pembentukan Pemimpin
Dewan Pembina Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat (Jabar) Marcellus Hakeng Jayawibawa. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) yang digelar oleh Pemuda Katolik Wilayah Bogor - Bekasi 2023 dinilai sebagai langkah baik dalam pembentukan sebagai pemimpin. Hal itu dikatakan oleh Dewan Pembina Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Jawa Barat (Jabar) Marcellus Hakeng Jayawibawa.

“Ini langkah yang baik dalam pembentukan sebagai pemimpin di Pemuda Katolik dan tokoh yang berguna kelak untuk gereja dan negara,” kata Marcellus, Minggu (30/7/2023).

Dia pun mengapresiasi kebesaran organisasi di bawah kepemimpinan Edi Silaban memiliki semangat dan pemikiran baik untuk orang muda Katolik, sehingga Komda Jawa Barat bisa berkembang dengan pesat.



“Bounding sesama kader, kita semua bisa membuat jaringan yang kuat, ketika beranjak menuju level selanjutnya, maupun daerah ataupun nasional bisa menjadi penguat dan penopang dalam hidup berorganisasi,” katanya.

Ketua Panitia KKD Wilayah Bekasi-Bogor Fidelis Laurdyan Julianto menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan membekali para kader dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam peningkatan kapasitas sebagai pemimpin masa depan untuk Gereja dan Negara.

“Pelatihan ini dihadiri oleh 31 peserta yang diselenggarakan oleh delapan Komisariat Cabang (Komcab) yaitu Kota Depok sebagai tuan rumah, Kota Bekasi, Kab. Bekasi, Kota Bogor, Kab. Bogor, Kota Sukabumi, Kab. Sukabumi, dan Kab. Cianjur. Diharapkan giat ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi peserta dalam mengembangkan kapasitas pemimpin dalam merawat demokrasi dan nasionalisme,” kata Fidel.

Dalam kesempatan yang sama, Pastor Moderator Pemuda Katolik Keuskupan Bogor Romo Dionysius Adi Tejo dan Ketua Pemuda Katolik Komda Jabar Edi Silaban turut hadir dalam meneguhkan bahwa peningkatan kualitas pemuda sangat diperlukan supaya kader dapat bertumbuh dan berkembang menjadi pemimpin yang berkualitas dan rendah hati.

Adapun KKD dibuka dengan sesi I pembekalan tentang “Peta Demokrasi dan Peran Milenial Menjaga Demokrasi di Jawa Barat” yang disampaikan oleh Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo. Kursus Kepemimpinan Dasar ini akan berlangsung selama tiga hari pada 28 - 30 Juli 2023.

Adapun pada 28 Juli 2023 dilaksanakan via daring, sedangkan pada 29 - 30 dilaksanakan tatap muka di Wisma SY, Kota Depok.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)