Kuliah Umum di Seskoal, Edhy Prabowo Ajak TNI AL Berperan di Bidang Ekonomi

Selasa, 28 Juli 2020 - 16:21 WIB
loading...
Kuliah Umum di Seskoal, Edhy Prabowo Ajak TNI AL Berperan di Bidang Ekonomi
Menteri KKP Edhy Prabowo memberikan kuliah umum kepada Perwira Siswa Pendidikan Reguler Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020. Foto/Dok Seskoal
A A A
JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengajak TNI Angkatan Laut (AL) untuk berperan dalam bidang ekonomi yaitu menjadi komponen pertahanan dengan membangun ekonomi negara.

Hal itu disampaikan Edhy saat memberikan kuliah umum kepada Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-58 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI AL Angkatan ke-15 TA. 2020 di Amphitheater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin, 27 Juli 2020. (Baca juga: Edhy Prabowo Beberkan Modus-modus Kejahatan Pelaku Pencurian Ikan)

Dalam kesempatan itu, Menteri KKP Edhy Prabowo, didampingi Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan TB. Haeru Rahayu, Direktur Pemantauan dan Operasi Armada Ditjen PSDKP Pung Nugroho, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Muhammad Yusuf, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja dan para Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan. (Baca juga: Seskoal-US Navy Bekali Perwira Tinggi TNI AL Operasi Multinasional)

Sementara Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto didampingi Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Imam Musani Seklem Seskoal Kolonel Laut (P) Apriyani Koordos Seskoal Kolonel Laut (KH) Sudardi, Kapusjianmar Seskoal Kolonel Laut (P) Suharto dan para pejabat utama Seskoal lainnya.

Perlu diketahui, Seskoal bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan telah mempunyai ikatan yang kuat. KKP telah ikut menyiapkan generasi penerus calon pemimpin masa depan dalam pendidikan Seskoal. Selain itu, KKP juga secara berkelanjutan memberikan pencerahan tentang tugas pokok dan fungsinya yang berkaitan dengan pendidikan di Seskoal dan peran KKP dalam pembinaan masyarakat desa pesisir.

Tidak hanya itu, dalam rangka ketahanan pangan khususnya, pada 2017 KKP telah mendukung Seskoal untuk membangun kolam bioflok serta pendukungnya yang sangat berguna khususnya saat ini dalam menghadapi masa Pademi Covid-19. Pada 24 kolam bioflok yang dimiliki Seskoal saat ini berisikan ikan lele, nila, patin, mujair dan gurame yang pengelolaan dan perawatannya dikerjakan oleh masing-masing Satuan Kerja (Satker) Seskoal.

Dalam kesempatan itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo juga menebarkan benih ikan patin sebanyak 500 ekor dengan ukuran 10 cm. Usai meninjau dan menebarkan benih ikan patin di kolam bioflok Seskoal, Edhy Prabowo kemudian memberikan Kuliah Umum dengan tema “Peran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI dalam Mendukung Pembinaan Desa Pesisir Guna Menjaga dan Meningkatkan Potensi Maritim Indonesia”.

Dalam kuliah umumnya, Edhy Prabowo, menjelaskan materi sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperbaiki komunikasi dengan nelayan dan mengoptimalkan perikanan budidaya serta kebijakan sektor kelautan dan perikanan untuk penyerapan lapangan pekerjaan dan peningkatan devisa.

“Kolam Bioflok Seskoal sangat bagus, sangat terawat dan ini dapat dijadikan contoh yang baik. Yang terpenting, untuk para Perwira Siswa Seskoal setelah selesai pendidikan dari sini dapat mengaplikasikan ini ke daerah-daerah, ke tengah masyarakat tempat dimana nanti para Perwira ditugaskan. Mudah-mudahan bukan cuma ikan air tawar, tapi juga budidaya ikan laut,” katanya.

Edhy Prabowo menambahkan bahwa selama ini TNI AL menjaga wilayah laut Indonesia demi pertahanan, kewajiban berdasarkan doktrin, konstitusi Sapta Marga dan Sumpah Prajurit, maka dari itu dirinya ingin mengajak TNI Angkatan Laut untuk berperan dalam bidang ekonominya yaitu menjadi komponen pertahanan dengan membangun ekonomi nsegara.

Selain memberikan Kuliah Umum, Edhy Prabowo juga menyerahkan bantuan sebanyak 600 kilogram ikan layang dan 900 pack produk olahan ikan seperti siomay, nugget dan bakso ikan. Selain itu KKP juga akan membantu Seskoal untuk membangun lagi 24 unit kolam bioflok dalam waktu dekat.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3709 seconds (0.1#10.140)