HUT ke-50 KNPI, Ryano Ajak Pemuda Berperan dalam Pembangunan Bangsa

Senin, 24 Juli 2023 - 12:52 WIB
loading...
HUT ke-50 KNPI, Ryano Ajak Pemuda Berperan dalam Pembangunan Bangsa
Ketua Umum DPP KNPI Ryano Panjaitan (kedua dari kanan) menyampaikan pidato saat perayaan HUT ke-50 KNPI di Jakarta, MInggu (23/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) berulang tahun ke-50. Dalam peringatan HUT ke-50, Ketua Umum DPP KNPI Ryano Panjaitan menyampaikan pidato yang berisi refleksi tentang sejarah pemuda Indonesia dan tantangan masa kini.

Dalam acara yang dihadiri oleh para tokoh nasional, anggota DPR, Pengurus dan fungsionaris KNPI dari seluruh Indonesia. HUT ke-50 KNPI kali ini di ketuai oleh Ronny Bara Pratama (Ketua DPD KNPI DKI Jakarta).

Dalam pidatonya, Ryano mengapresiasi keberhasilan pemerintah Indonesia saat ini. Indonesia diakui sebagai salah satu negara yang berhasil mengatasi berbagai krisis global, termasuk pandemi dan krisis ekonomi.

Menurut data, Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5% pada 2022 dengan tingkat inflasi yang terjaga di angka 4%. ”Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah melakukan terobosan luar biasa yang berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” katanya, Minggu (23/7/2023).

Ryano juga menyoroti potensi hilirisasi sektor migas, batubara, dan nikel yang memiliki potensi besar untuk meningkatkan nilai tambah dan lapangan kerja. PDB Indonesia mencapai USD743 miliar atau Rp11,271 triliun, menciptakan 10,5 juta lapangan kerja, dan memberikan kontribusi melalui pajak, royalti, bea ekspor, dan PNBP.

Perhatian yang serius juga diberikan terhadap pembangunan desa dengan anggaran Rp70 triliun tahun ini. Dana desa tersebut difokuskan untuk pemulihan ekonomi, peningkatan sumber daya manusia, dan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Namun, para kepala desa dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) menuntut peningkatan dana desa menjadi 10% dari APBN untuk mengatasi berbagai permasalahan seperti stunting, pengembangan ekonomi desa, padat karya tunai, dan penanganan bencana.

Dalam era digitalisasi, Ryano menyoroti peran pemuda sebagai pelopor dan aktor utama dalam perubahan masyarakat. Di Indonesia, 72% pembelian dilakukan melalui blogger, influencer, atau tautan afiliasi. ”Pemuda sebagai agen disrupsi diharapkan dapat mengambil peran penting dalam menghadapi perubahan menuju era digital yang lebih modern,” lanjutnya.

Sementara itu, sektor investasi di Indonesia terus berkembang dengan nilai investasi pada kuartal II-2023 mencapai Rp349,8 triliun. Kementerian Investasi/BKPM mencatat peningkatan investasi sebesar 15,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan berhasil menyerap tenaga kerja hingga 464.289 orang.

Dalam pidatonya, Ryano juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang telah mengakomodir KNPI melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan diterbitkannya SK Menkumham dan HAKI. Dukungan tersebut membuka peluang dan mengakomodir potensi pemuda Indonesia dalam berkontribusi untuk pembangunan bangsa.

Ryano juga memberikan refleksi tentang pentingnya untuk senantiasa belajar dari sejarah. Dia pun mengajak pemuda untuk menjaga soliditas, komitmen kebersamaan, dan persatuan dalam menghadapi tantangan zaman. ”Di era digitalisasi dan disrupsi, pemuda diharapkan menjadi pelopor dan berkontribusi dalam memajukan berbagai sektor,” tegasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2648 seconds (0.1#10.140)