Pesan Once Mekel kepada Ganjar Pranowo Soal Industri Musik di Indonesia

Sabtu, 22 Juli 2023 - 12:53 WIB
loading...
Pesan Once Mekel kepada Ganjar Pranowo Soal Industri Musik di Indonesia
Bacapres PDIP yang didukung Perindo, PPP, dan Hanura, Ganjar Pranowo dititipkan pesan terkait industri musik di Indonesia oleh Once Mekel. Foto/MPI/Felldy Utama
A A A
BOGOR - Bakal calon presiden (bacapres) PDIP yang didukung Perindo, PPP, dan Hanura, Ganjar Pranowo dititipkan sebuah pesan terkait industri musik di Indonesia. Pesan itu datang dari mantan vokalis band Dewa 19, Once Mekel.

Dalam kesempatan itu, Once Mekel menyinggung soal royalti. Menurut Once, persoalan ini masih sangat perlu diperhatikan Pemerintah ke depannya.

"Royalti memiliki potensi besar di Indonesia baru Rp200 miliar. Di Brasil sudah Rp2 triliun. Bahkan di Jepang Rp10 triliun," kata Once dalam acara Extrava Ganjar Gercep Bareng Kreator digelar di Saung Berkah, Cibinong, Bogor, Sabtu (22/7/2023).


Once berharap ke depan agar ada satu sistem yang terbangun terkait industri musik di Tanah Air. Dengan begitu, keberadaan pencipta lagu misalnya dapat dihargai atas karya yang telah dibuatnya.

"Saya percaya Pak Ganjar gercep. Sebenarnya sudah ada di era Pak Jokowi. Tapi harapannya Pak Ganjar nanti bila terpilih akan semakin gercep," ujarnya.

Once menyampaikan bahwa saat ini sudah ada elektronik untuk memantau lagu yakni Sistem Informasi Musik dan Lagu (SILM) yang perlu diberdayakan.

Once juga menyinggung Pusat Data Lagu dan atau Musik (PDLM) yang diluncurkan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM.

"Kami berharap ini menjadi perhatian Pemerintah agar bisa dirasakan manfaatnya oleh insan musik Indonesia," katanya.

Mendengar aspirasi itu, Ganjar menuturkan, karena sudah ada yang mengatur maka saat ini bagaimana agar bisa berjalan dengan baik. Termasuk dengan melalukan uji coba penerapannnya.

"Saya memiliki komitmen terhadap musisi Indonesia termasuk para musisi jalanan," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1040 seconds (0.1#10.140)