BNPP Akan Kembali Terbitkan Lima Potret Keindahan PLBN untuk Diabadikan Jadi Prangko

Kamis, 20 Juli 2023 - 19:22 WIB
loading...
BNPP Akan Kembali Terbitkan Lima Potret Keindahan PLBN untuk Diabadikan Jadi Prangko
Progres pembangunan PLBN Serasan, satu-satunya PLBN laut di Indonesia yang saat tinggal menyempurnakan fasilitas pendukung. foto: dok BNPP
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang mengelola Pos Lintas Batas Negara (PLBN) akan kembali meluncurkan prangko PLBN seri ke-2.

Inisiasi yang dijalin bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen Kominfo) ini, akan menerbitkan lima prangko PLBN seri-2, yakni PLBN PLBN Entikong, PLBN Badau, PLBN Motamasin, PLBN Wini, dan PLBN Sota.

baca juga: 2023, BNPP Prioritaskan Peningkatan Kualitas Layanan PLBN

Sebelumnya, pada 2022 lalu, Menko Polhukam Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP dan Mendagri Tito Karnavian selaku Kepala BNPP, meluncurkan tiga prangko seri PLBN di Anjong Mon Mata, Banda Aceh. Tiga prangko yang diluncurkan adalah PLBN Aruk, PLBN Motaain dan PLBN Skouw.

Kepala Biro Keuangan, Umum & Humas, Indra Purnama menjelaskan bahwa, penerbitan prangko PLBN seri ke-2, direncanakan terbit pada 17 September 2023, bertepatan dengan HUT ke-13 BNPP.

Selain potret keindahan PLBN yang akan dijadikan prangko, lanjut Indra, satu potret PLBN lainnya akan dijadikan sebagai Sampul Hari Pertama (SHP) yakni PLBN Serasan.

baca juga: PLBN Badau, Wajah Keren Indonesia di Perbatasan

"PLBN Serasan adalah satu-satunya PLBN laut di Indonesia yang saat ini pengerjaan sudah selesai dan tinggal menyempurnakan fasilitas pendukung lainnya. Peresmian PLBN laut masih menunggu pihak negara tetangga, Malaysia untuk juga membuka perlintasan dari sisi negaranya," ujar Indra.

Indra juga menjelaskan, penerbitan prangko seri ke-2, sesuai dengan SK Direktorat Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kemen Kominfo Nomor 87 Tahun 20023 tentang Program Penerbitan Prangko 2023.

Dalam lampiran SK Dirjen PPI Kemenkominfo dimaksud tercantum BNPP menajadi Person In Charge (PIC) penerbitan prangko dengan tema Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seri PLBN.

baca juga: BNPP Pastikan Kelengkapan Fasilitas PLBN Serasan Sebelum Beroperasi dan Diresmikan

Sebagai informasi, saat ini terdapat 13 PLBN yang sudah berdiri di halaman depan beranda Indonesia. Delapan PLBN sudah beroperasi sedangkan lima lainnya tinggal menunggu peresmian oleh Presiden Joko Widodo .

Nantinya, PLBN difungsikan tidak hanya sebagai pintu perlintasan Warga Negara Asing (WNA), Warga Negara Indonesia (WNI) dan barang saja. Melainkan untuk sarana pengembangan dan pertumbuhan ekonomi yang dapat mendongkrak kemajuan kawasan perbatasan.
(hdr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2556 seconds (0.1#10.140)