Mahfud MD Serukan Pemilu Damai, Ferry Kurnia: Tujuan yang Diharapkan Setiap Negara Demokratis

Kamis, 20 Juli 2023 - 11:54 WIB
loading...
Mahfud MD Serukan Pemilu Damai, Ferry Kurnia: Tujuan yang Diharapkan Setiap Negara Demokratis
Waketum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengaku sepakat dengan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyerukan agar Pemilu 2024 diselenggarakan secara damai. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengaku sepakat dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang menyerukan agar Pemilu 2024 diselenggarakan secara damai.

Menurutnya, pemilu yang damai adalah melibatkan partisipasi yang adil dan setara dari semua pemilih, serta menghormati hak asasi manusia, dan prinsip-prinsip demokrasi.



"Pemilu damai merupakan tujuan yang diharapkan dalam setiap negara demokratis. Ini berarti bahwa semua pemilih memiliki kebebasan untuk memilih sesuai dengan preferensi mereka tanpa tekanan atau ancaman dari pihak mana pun," ujar Ferry saat dihubungi, Kamis (20/7/2023).

Ferry yang juga Bacaleg DPR RI Dari Partai Perindo Dapil Jawa Barat (Kota Bandung dan Cimahi) itu melanjutkan para calon dan partai politik juga harus berkompetisi secara adil, mematuhi peraturan pemilu yang berlaku, dan menunjukkan sikap saling menghormati terhadap lawan politik atau berdasarkan asas adil, bebas, jujur, dan adil.

Ferry menambahkan pemilu damai juga mengandaikan adanya pelibatan masyarakat secara luas dalam setiap tahapan pemilu. "Hindari hoaks, fake news, dan polarisasi berlebihan yang menimbulkan konflik," tandasnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan dalam penyelenggaraan pemilu kerap terjadi persaingan ketat yang penuh intrik dan taktik. Oleh sebab itu, ia mengharapkan persaingan itu tetap berjalan dan berakhir dengan damai.

"Dalam proses pemilihan itu ada permainan-permainan politik, intrik-intrik politik itu, sah-sah saja, tetapi jangan sampai menimbulkan perpecahan dan merusak tata kehidupan kita di dalam bernegara," ujar Mahfud dalam sambutannya di acara "Senandung Pemilu Damai" di Jakarta, Selasa 18 Juli 2023.

Mahfud juga mengingatkan tujuan utama dari pemilu, yakni memilih pemimpin bersama. "Boleh saja terjadi persaingan yang ketat, berbagai taktik dan strategi untuk menang, untuk dipilih. Karena tujuannya adalah untuk memilih pemimpin bersama, begitu nanti pemilu itu selesai, maka semuanya harus ikuti kepemimpinan yang menang, siapa pun mereka," kata Mahfud.

Menjelang musim Pemilu 2024, Mahfud juga mengajak masyarakat untuk lebih peka melawan pelanggaran pemilu.



"Untuk menuju pemilu yang damai, terlebih dahulu kita harus peka dan sigap mengatasi indikasi akan kerawanan-kerawanan di dalam penyelenggaraan pemilu yang nantinya dapat mengganggu jalannya tahapan pemilu," terang Mahfud.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1804 seconds (0.1#10.140)