Peluncuran Buku Airport & Beyond, Meneropong Industri Penerbangan Masa Depan

Kamis, 20 Juli 2023 - 09:08 WIB
loading...
Peluncuran Buku Airport & Beyond, Meneropong Industri Penerbangan Masa Depan
Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Dirut PT Angkasa Pura Sarana Digital Ferdian Agustiana meluncurkan buku yang berjudul Airport & Beyond di Swissotel PIK Avenue, Jakarta, Rabu (19/7/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Dirut PT Angkasa Pura Sarana Digital Ferdian Agustiana meluncurkan buku berjudul Airport & Beyond di Swissotel PIK Avenue, Jakarta. Buku ini merupakan karya dari dua orang penulis yang telah lama berkecimpung di industri penerbangan.

Kegiatan dilengkapi dengan bedah buku yang dirangkaikan bersama perayaan HUT ke-4 PT Angkasa Pura Sarana Digital. Bedah buku menghadirkan narasumber Muhammad Awalauddin, Ferdian Agustiana, Prof Ahmad M Ramli (Guru Besar Cyberlaw FH Unpad), dan Alvin Lie (Pengamat Penerbangan).

Buku Aiport & Beyond mengajak para pembaca menikmati perjalanan yang menakjubkan mengenai industri penerbangan dan perkembangannya. Airport & Beyond berbicara tentang inovasi teknologi yang mendorong transformasi industri penerbangan, seperti artificial intelligence (AI), internet of things (IoT), big data, dan sebagainya.

Airport & Beyond membahas pula tren dan tantangan terkini yang mempengaruhi pengalaman penumpang, keselamatan, keberlanjutan, dan operasional bandara secara keseluruhan. “Dalam buku ini, kami berusaha menggambarkan visi masa depan bandara yang cerdas,” kata Muhammad Awaluddin, Rabu (19/7/2023).

Menurut Awaluddin, di buku ini juga ditanmpilkan pengetahuan mendalam, ide-ide inovatif, dan praktik terbaik dalam merancang dan mengoperasikan smart airport. Di mana teknologi terintegrasi secara harmonis untuk meningkatkan keamanan, efisiensi operasional, manajemen lalu lintas udara, pengalaman penumpang, dan berbagai hal sebagai upaya untuk mewujudkan smart connected airport.

”Kami berharap dapat menginspirasi pembaca untuk mengadopsi pendekatan baru dalam mengembangkan infrastruktur bandara yang berkelanjutan dan adaptif terhadap perkembangan industri masa depan” ujarnya.

Ferdian Agustiana menyampaikan buku ini mengajak para pembaca menjelajahi dunia yang luas di balik kehidupan bandara dan menghadapi tantangan serta peluang yang muncul di era penerbangan modern. Buku ini juga merangkum wawasan, penelitian, dan pemikiran dari para ahli dan praktisi industri penerbangan.

Mereka menampilkan studi kasus yang menarik, menggambarkan keberhasilan dan pelajaran yang dipetik dari berbagai bandara di seluruh dunia. Khususnya mengenai konsep Aestropolis yang bisa dikembangkan di IKN Nusantara. ”Sehingga kami berharap bahwa buku ini akan membuka wawasan, memicu diskusi, dan menginspirasi inovasi di industri penerbangan,” jelasnya.

Prof Ahmad M Ramli mengapresiasi hadirnya buku Aiport & Beyond memperkaya khazanah keilmuan, khususnya bagi pelaku industri penerbangan. Menurutnya, buku ini bukan bacaan biasa.

Buku ini referensi penting dalam pengambilan kebijakan di bidang pengelolaan bandara dan pengembangan Aerotropolis. ”Konsep yang ditawarkan juga penting untuk pengembangan infrastruktur bandara yang berkelanjutan, adaptif terhadap transformasi digital, industri masa depan, dan industri 5.0,” ungkapnya.

Sementara Alvin Lie melihat penulis sangat memahami karakter dan bisnis bandara. Penulis juga berupaya menyajikan wawasan mengenai tantangan-tantangan ke depan yang akan dihadapi industri penerbangan.

”Buku Airport & Beyond merupakan karya yang bagus. Bukunya akuntabel secara ilmiah namun mampu dikemas dan disampaikan dengan gaya bahasa yang mudah dicerna oleh pembaca,” tuturnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2067 seconds (0.1#10.140)
pixels