Polri Beli 1.857 Pistol Bubuk Lada untuk Polda Metro Jaya, Harganya Rp49 Miliar

Jum'at, 14 Juli 2023 - 22:25 WIB
loading...
Polri Beli 1.857 Pistol Bubuk Lada untuk Polda Metro Jaya, Harganya Rp49 Miliar
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mabes Polri membeli 1.857 pistol bubuk lada untuk personel Polda Metro Jaya . Anggaran pengadaan pistol sebesar Rp49,86 miliar sebagai bagian dari program modernisasi almatsus dan sarana prasarana Polri.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, pengadaan senjata tersebut dalam rangka menunjang operasional anggota di lapangan.

"Untuk mengambil tindakan represif dalam menangani kejahatan dan aksi unjuk rasa anarkistis. Dengan dibekali jenis amunisi seperti powder lada," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (14/7/2023).



Senjata itu dibekali dua jenis amunisi yakni amunisi bubuk lada dan amunisi bubuk lada yang dicampur dengan gas air mata.

Penggunaan gas air mata pada pistol tersebut juga berbeda dengan penggunaan ketika melerai unjuk rasa dalam skala besar dan tetap mengindahkan HAM.

"(Pistol bubuk lada) merupakan alat perlindungan diri seperti senjata api laras pendek atau pistol yang melumpuhkan tetapi tidak mematikan dalam penanganan giat," ucapnya.

"Dalam rencana pengadaan paper projectile launcher tidak hanya terdiri dari item paper projectile launcher saja. Namun, terdapat juga beberapa jenis dan jumlah barang-barang yang berkaitan langsung lainnya," kata Ramadhan.

Adapun rincian pistol bubuk lada dibanderol seharga Rp17,46 miliar untuk total 1.857 pucuk senjata mengacu pada harga Rp9,4 juta per pucuknya. Kemudian, untuk kebutuhan kelengkapan pendukung menghabiskan dana Rp32,39 miliar terdiri extra magazine, kantong, holder, amunisi bubuk lada, serta bubuk lada dicampur gas air mata.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)