Catat! Ini Perbedaan Pistol Polisi dan TNI

Sabtu, 30 Juli 2022 - 06:55 WIB
loading...
Catat! Ini Perbedaan Pistol Polisi dan TNI
Perbedaan pistol polisi dan TNI erat kaitannya dengan peran dan fungsi kedua institusi tersebut. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada beberapa perbedaan pistol Polisi dan TNI. Hal itu tidak lepas dari peran dan tugas yang berbeda dari kedua institusi tersebut. Institusi Polri berperan menjaga keamanan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat. Karena lebih banyak bersinggungan dengan masyarakat sipil maka dalam penggunaan senjata api oleh anggota kepolisian sifatnya untuk melumpuhkan.

Dalam Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2022 dijelaskan, yang disebut senjata api organik standar Polri adalah senjata api kaliber 5,5 milimeter ke atas dengan sistem kerja manual, semi otomatis dan/atau otomatis, serta telah dimodifikasi, termasuk amunisi, granat dan bahan peledak untuk keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam Perkap itu disebutkan senjata api organik Polri meliputi, Senjata Api genggam; Senjata Api pistol mitraliur; Senjata Api serbu; Senjata Api mesin ringan, sedang dan berat; Senjata Api tembak jitu; Senjata Api tembak runduk; Senjata Api pelontar; dan Senjata Api laras licin.

Baca juga: Polisi Tembak Polisi, Ini Aturan Penggunaan Senjata Api oleh Anggota Polri

Sedangkan, TNI perannya adalah menjaga kedaulatan negara dan dipersiapkan untuk perang. Karenanya dalam penggunaan senjata api sifatnya tidak hanya melumpuhkan tapi juga bisa mematikan atau membunuh.

Hal itu dijelaskan dalam Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2010 Tentang Pedoman Perizinan, Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api Standar Militer di luar Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia.

Dalam permenhan tersebut dinyatakan, senjata api standar militer adalah senjata api yang digunakan oleh TNI untuk membunuh dalam rangka tugas pertahanan negara dengan kaliber laras mulai dari 5,56 mm ke atas dengan sistem kerja semi otomatis atau full otomatis, termasuk yang telah dimodifikasi.

Penggunaan senjata api jenis pistol memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Larasnya yang pendek dan peluru yang kecil membuat penggunaan pistol memiliki keterbatasan di mana jarak tembaknya menjadi sangat terbatas. Namun demikian, ukuran dan bentuk pistol yang kecil dan ringan membuatnya mudah disimpan, cocok untuk pertempuran jarak dekat.

Berikut ini jenis-jenis pistol yang digunakan Polri

1. Revolver
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1783 seconds (10.101#12.26)