Dewan Pers Apresiasi Langkah Erick Thohir Tak Tempuh Jalur Hukum dalam Sengketa dengan Tempo

Jum'at, 14 Juli 2023 - 13:54 WIB
loading...
Dewan Pers Apresiasi Langkah Erick Thohir Tak Tempuh Jalur Hukum dalam Sengketa dengan Tempo
Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang memilih melaporkan keberatannya atas konten media massa kepada Dewan Pers. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang memilih melaporkan keberatannya atas konten media massa kepada Dewan Pers. Hal itu, kata Ninik, menyiratkan Erick tidak memilih jalur hukum untuk penyelesaian sengketa pers.

"Saya kira itu komitmen beliau untuk menyelesaikan lewat Dewan Pers. Kepercayaan yang diberikan Pak Erick Thohir dengan meminta penyelesaian ini ke Dewan Pers, kami sangat apresiasi dan patut menjadi contoh bagi yang lain jika ada sengketa terkait konten media," kata Ninik.

Untuk diketahui, Erick Thohir melaporkan konten podcast Tempodotco kepada Dewan Pers di Jakarta, Kamis (13/7/2022). Konten yang dilaporkan itu diunggah di akun YouTube Tempodotco yang dikelola oleh perusahaan pers Tempo Media Grup. Konten itu berjudul "Manuver Erick Thohir Lewat PSSI dan BUMN yang Tak Disukai PDIP (Bocor Alus Politik)."



Selain di YouTube, konten serupa juga ditayangkan di sejumlah akun media sosial Tempo, termasuk di platform podcast Spotify.

Erick Thohir menilai konten tersebut sangat merugikan dirinya karena tidak memenuhi prinsip-prinsip kerja jurnalistik dan Kode Etik Jurnalistik. Pasalnya, sebagian besar kontennya tidak melalui tahapan verifikasi dan konfirmasi sebagaimana diatur dalam Kode Etik Jurnalistik.

Menurut Ninik, Dewan Pers akan mempelajari pengaduan tersebut dan akan segera mengundang pihak Tempo untuk didengar keterangannya. Ninik memastikan pihaknya akan memutuskan setiap sengketa pers secara adil.

Lantaran konten tersebut melibatkan Tempo Media, Ninik memastikan pihaknya tidak akan melibatkan anggota Dewan Pers Arif Zulkifli yang merupakan CEO Tempo Media Grup. Dewan Pers akan mempertemukan kedua pihak pada Senin (17/7/2023) pekan depan.



Sementara itu, Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra menghargai langkah Erick Thohir yang menempuh jalur penyelesaian sengketa pemberitaan melalui Dewan Pers alih-alih melapor ke kepolisian.

"Penyelesaian di Dewan Pers merupakan cara yang tepat dan elegan untuk menyelesaikan masalah pemberitaan di media massa sesuai Undang-Undang Pers," katanya.

Setri menambahkan, tim podcast Bocor Alus Politik telah meminta tanggapan dari Erick Thohir serta sejumlah nama lain yang disebut sebagai bentuk cover both side. Namun, Erick dan sejumlah koleganya tak merespons pertanyaan yang dilayangkan tim podcast Bocor Alus Politik.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)