Stunting di Jateng Turun, Yerry Tawalujan Optimistis Ganjar Mampu Entaskan Gizi Buruk Skala Nasional

Kamis, 13 Juli 2023 - 13:39 WIB
loading...
Stunting di Jateng Turun, Yerry Tawalujan Optimistis Ganjar Mampu Entaskan Gizi Buruk Skala Nasional
Ketua DPP Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat Partai Perindo Yerry Tawalujan optimistis keberhasilan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menekan angka stunting bisa diduplikasi secara nasional. FOTO/DOK.MPI
A A A
JAKARTA - Keberhasilan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam menurunkan angka stunting di daerahnya diapresiasi Ketua DPP Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat Partai Perindo Yerry Tawalujan. Menurut Yerry, turunnya angka stunting merupakan kabar yang ditunggu-tunggu karena kerap kali menjadi momok masyarakat.

Yerry Tawalujan, yang merupakan bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Sulawesi Utara itu melanjutkan, dengan keberhasilan Ganjar mengentaskan angka stunting di Jateng harus dilanjutkan di skala nasional.

"Kami optimis Ganjar Pranowo sanggup mengentaskan gizi buruk atau stunting pada skala yang lebih besar, yaitu secara nasional," kata Yerry, Rabu (12/7/2023).



Untuk diketahui, keberhasilan Ganjar dalam menekan stunting tak lepas dari keberhasilan program yang digagasnya. Seperti Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng), Jo Kawin Bocah, One Student One Client hingga terbaru Ganjar meluncurkan beras fortifikasi sebagai penambah gizi untuk ibu hamil.

Politisi Partai Perindo, partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu, menjelaskan, Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng merupakan program memberi perhatian pada ibu hamil, dengan memeriksakan kehamilan sejak awal terus memberikan asupan gizi yang baik, mengontrol terus-menerus dan suaminya juga harus peduli. Sampai anaknya lahir, diberi ASI eksklusif, lalu ibu dan bayinya itu diberi perhatian dan dikontrol terus kesehatan dan asupan gizinya.

Juru bicara nasional Partai Perindo, partai modern yang dikenal peduli rakyat kecil, gigih memperjuangkan penciptaan lapangan kerja, dan Indonesia sejahtera itu, menambahkan, keberhasilan Ganjar menekan stunting di Jateng akan diapresiasi masyarakat dengan memberikan dukungan kepada Ganjar untuk menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.



"Kami sangat yakin, prestasi Gubernur Jateng mengentaskan gizi buruk di daerahnya akan menghasilkan dukungan masyarakat untuk memilih Ganjar sebagai Presiden di Pilpres 2024. Sehingga pengentasan gizi buruk akan dilanjutkan pada skala nasional," ucap Yerry.

Sebagai informasi, berdasarkan perhitungan elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (ePPGBM), stunting di Jateng tahun 2018 yakni 24,4% dan turun di 2019 menjadi 18,3%. Lalu tahun 2020 turun lagi 14,5%, 2021 menjadi 12,8% hingga pada tahun 2022 berada di angka 11,9%.

Hal ini menjadikan Jateng menjadi provinsi terbaik dalam penanggulangan stunting. Secara nasional, rata-rata tingkat stunting berada di agka 21,6%. Presiden Jokowi targetkan angka stunting nasional dapat ditekan sampai 14% pada tahun 2024. Ganjar Pranowo telah berhasil melampui target nasional dengan menekan angka stunting Jateng 11,9% tahun 2022.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1618 seconds (0.1#10.140)