Kaesang Pakai Kaus Gambar Ganjar Bukti Solidnya Hubungan PDIP dan Jokowi

Kamis, 13 Juli 2023 - 08:24 WIB
loading...
Kaesang Pakai Kaus Gambar Ganjar Bukti Solidnya Hubungan PDIP dan Jokowi
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang berfoto bersama politikus muda Tsamara Amany Alatas mengenakan kaus bergambar Ganjar Pranowo. FOTO/INSTAGRAM TSAMARA
A A A
JAKARTA - Foto putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep mengenakan kaus bergambar Ganjar Pranowo dinilai memiliki makna khusus. Foto itu menyiratkan dukungan Jokowi kepada bakal calon presiden (capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai, langkah Kaesang mengenakan kaus bergambar Ganjar Pranowo mencairkan hubungan PDIP dan Jokowi yang sempat disebut memanas karena sejumlah penyebab. Antara lain terkait pembatalan Piala Dunia U-20 di Bali karena keikusertaan Timnas Israel, putra sulung Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka yang sempat diisukan berpeluang mendampingi Prabowo Subianto sebagai bakal cawapres, hingga banyaknya baliho Jokowi bersama Prabowo terpampang di daerah pemenangan PDIP.

"Bisa dibaca keluarga Jokowi melalui Kaesang ingin menunjukkan bahwa hubungan mereka dengan PDIP baik-baik saja," ujar Saidiman, Kamis (13/7/2023).



Hal tersebut, kata Saidiman, menunjukkan PDIP tetap solid dalam memberikan dukungan kepada Ganjar Pranowo, termasuk dari Presiden Jokowi yang merupakan kader PDIP. "Menurut saya PDIP masih cukup solid mendukung Ganjar. Belum pernah ada pernyataan resmi dari seorang elite PDIP untuk mendukung bacapres selain Ganjar, termasuk dari Jokowi dan keluarganya," katanya.

Terkait isu Presiden Jokowi yang disebut lebih mendukung Prabowo Subianto ketimbang Ganjar Pranowo, Saidiman menganggapnya tidak beralasan. Pasalnya Jokowi satu suara dengan PDIP untuk bisa memenangkan Ganjar sebagai Presiden Indonesia periode 2024-2029.

"Soal kecenderungan keluarga Jokowi mendukung Prabowo, saya kira itu hanya tafsir saja dari beberapa peristiwa," ujar Saidiman.



Untuk diketahui, putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep tampak sumringah saat mengenakan kaus bergambar wajah Gubernur Jawa Tengah yang juga bacapres PDIP Ganjar Pranowo. Seperti terlihat dalam postingan akun Instagram politikus muda Tsamara Amany Alatas pada Rabu (12/7/2023). Kesang tampak berfoto bersama Tsamara usai mengikuti podcast media sosial.

"Jadi begini... @kaesangp," tulis Tsamara dalam akun media sosialnya.

Kaus yang dipakai Kaesang berwarna putih dan tampak Ganjar Pranowo sedang tersenyum. Selain itu ada tulisan 'Tuanku ya Rakyat, Jabatan Cuma Mandat'.

Tampak Kaesang menyodorkan jari telunjuk dan jari tengahnya membentuk huruf V (victory) saat berfoto dengan Tsamara. Sedangkan Tsamara tampak menunjuk ke arah foto Ganjar Pranowo yang dikenakan Kaesang sembari tersenyum.

Foto Kaesang Pangarep mengenakan kaus bergambar Ganjar Pranowo juga di posting oleh berbagai tokoh dan influencer di media sosial dan ramai menjadi perbincangan netizen.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4280 seconds (0.1#10.140)