Kaesang Kerap Pamer Pakai Kaos Bergambar Puan hingga Ganjar, Ini Kata Pengamat Komunikasi Politik

Rabu, 12 Juli 2023 - 21:59 WIB
loading...
Kaesang Kerap Pamer Pakai Kaos Bergambar Puan hingga Ganjar, Ini Kata Pengamat Komunikasi Politik
Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep kerap terang-terangan menggunakan kaos bergambar Ketua DPR Puan Maharani hingga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep kerap terang-terangan menggunakan kaos bergambar Ketua DPR Puan Maharani hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo . Lantas, apa makna dari gelagat Kaesang tersebut?

Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH), Emrus Sihombing turut membedah makna di balik tingkah laku anak orang nomor satu di Indonesia itu. Sebab, terdapat kesan komunikasi di baliknya.



"Saya pikir dengan gonta-ganti (baju) seperti ke Puan, Prabowo, kemudian Ganjar Pranowo, itu juga menunjukkan pesan komunikasi," ujar Emrus kepada MPI, Rabu (12/7/2023).

Menurut Emrus, gelagat Kaesang mengandung makna tersirat adanya keselarasan dengan sikap politik yang dimiliki Kaesang.

"Kita bisa maknai itu menunjukkan bahwa semua yang digunakan itu adalah punya aliran politik yang sama dengan Kaesang, misalnya Puan maharani dengan PDIP kan begitu, kemudian Ganjar Pranowo identik dengan PDIP," tuturnya.

"Nah, jadi dengan nama-nama tersebut di kaosnya dan lain-lain terkait dengan itu, bahwa maknanya adalah dia menilai bahwa garis politiknya sama dengan semua yang digunakan itu," sambungnya.

Di sisi lain, kata Emrus, gelagat yang sama ditunjukkan Kaesng terkait siapa tokoh maupun partai yang tidak sejalan dengan arah politiknya. Sebab, Kaesang tak terlihat menggunakan kaos bergambar Anies Baswedan maupun AHY.

"Coba kita lihat, dia kan tidak memakai baju nasdem (Anies) kan? termasuk juga PKS dan Demokrat. Itu sebagai simbol bahwa itulah garis politik yang sesuai dengan dirinya, atau boleh dikatakan bahwa punya homogenitas politik," pungkasnya.

Diketahui, Eks politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany mengunggah momen kebersamaannya dengan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep di Instagram pribadinya. Kaesang lagi-lagi menggunakan kaos Ganjar Pranowo bergambar putih.

Gambar kaos itu terlihat, Ganjar sedang duduk sambil menyilangkan kaki. Tampak Ganjar Pranowo sedang tersenyum. Selain itu ada tulisan 'Tuanku ya Rakyat, Jabatan Cuma Mandat'.



Tampak Kaesang menyodorkan jari telunjuk dan jari tengahnya membentuk huruf V (victory) saat berfoto dengan Tsamara. Sedangkan Tsamara tampak menunjuk ke arah foto Ganjar Pranowo yang dikenakan Kaesang sembari tersenyum.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2875 seconds (0.1#10.140)