Sejak Era Hamzah Haz hingga Ma'ruf Amin Usia Wapres Lebih Tua dari Presiden, Bakal Berlanjut?

Selasa, 11 Juli 2023 - 08:53 WIB
loading...
Sejak Era Hamzah Haz hingga Maruf Amin Usia Wapres Lebih Tua dari Presiden, Bakal Berlanjut?
Hamzah Haz, Megawati Soekarnoputri, dan Puan Maharani. Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Sejak era Hamzah Haz hingga Ma'ruf Amin , usia wapres selalu lebih tua dari presiden . Akankah hal tersebut berlanjut pada Pilpres 2024 ?

Fakta usia wakil presiden ( wapres ) yang lebih tua dari presiden menarik diulas. Hal itu terjadi sejak Hamzah Haz terpilih menjadi RI 2, mendampingi Megawati Soekarnoputri.

Diketahui, politikus Partai Persatuan Pambangunan (PPP) Hamzah Haz terpilih sebagai Wakil Presiden RI pada 26 Juli 2001. Melalui pemilihan tiga tahap, Hamzah terpilih mendampingi Megawati Soekarnoputri yang menjadi presiden tiga hari sebelumnya.

Diketahui, pada 23 Juli 2001, Megawati menjadi Presiden RI menggantikan Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang dimakzulkan MPR RI.



Saat terpilih menjadi wapres, usia Hamzah Haz 61 tahun. Diketahui, Hamzah lahir di Ketapang, Kalimantan Barat, 15 Februari 1940.

Sementara, usia Megawati saat terpilih menjadi presiden adalah 54 tahun. Diketahui, Ketua Umum DPP PDIP tersebut lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Dilihat dari data tersebut, Hamzah lebih tua enam tahun dari Megawati.

Usia wapres lebih tua dari presiden tersebut berlanjut di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi).



Kita mulai dengan Jusuf Kalla (JK), wapres pada periode pertama kepemimpinan SBY (2004-2009). Saat dilantik menjadi wapres, usia JK 62 tahun. Sementara, SBY saat dilantik menjadi presiden berusia 55 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7084 seconds (0.1#10.140)