Ziarah ke Gunung Uhud, Anies Singgung Kemenangan di Depan Mata Berubah Jadi Kekalahan Karena Tak Sabar

Selasa, 11 Juli 2023 - 00:26 WIB
loading...
Ziarah ke Gunung Uhud, Anies Singgung Kemenangan di Depan Mata Berubah Jadi Kekalahan Karena Tak Sabar
Anies Baswedan bersama keluarganya berziarah ke makam para syuhada Perang Uhud di Madinah, Arab Saudi. FOTO/INSTAGRAM ANIES BASWEDAN
A A A
JAKARTA - Anies Baswedan bersama keluarganya berziarah ke makam para syuhada Perang Uhud di Madinah, Arab Saudi. Salah satunya adalah makam sahabat sekaligus paman Rasulullah SAW, Hamzah bin Abdul Muthalib.

Hal ini diketahui dari unggahan Anies di akun Instagram pribadinya, Senin (10/7/2023). Menurut bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu lokasi makam para syuhada itu kurang lebih 5 kilometer dari Masjid Nabawi.

"Berjarak 5 kilometer ke utara dari Masjid Nabawi, tepatnya di antara Gunung Uhud dan Bukit Rumat (Bukit Pemanah), kami berkesempatan ziarah ke Makam Syuhada Perang Uhud. Di sana terbaring juga Sayyidina Hamzah bin Abdul Muthalib, seorang sahabat sekaligus paman Rasulullah SAW," tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan dikutip, Senin (10/7/2023).



Anies menjelaskan semua yang berziarah ke makam tersebut dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup Hamzah bin Abdul Muthalib.

"Perjuangannya, keberaniannya, dan keteguhannya dalam menegakkan Islam, membuatnya dijuluki Singa Allah dan Rasulullah SAW juga memberinya gelar Sayyid al-Syuhada," ucapnya.

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu mengatakan, perang yang terjadi Maret 625 Masehi ini memberikan gambaran pada umat Islam, bagaimana kemenangan yang sudah di depan mata berubah jadi kekalahan karena ketidaksabaran.



"Sebuah hikmah yang diwujudkan dalam kehidupan, agar senantiasa istiqomah dan sabar dalam berjuang untuk meraih sebuah tujuan. Insya Allah pelajaran ini kita pegang bersama," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies juga mengutip hadits riwayat (HR) Bukhari dan Muslim yang berbunyi "Sesungguhnya, Uhud adalah satu gunung yang mencintai kami, dan kami juga mencintainya."
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)