Kepercayaan Publik ke Polri Naik, Hikmahbudhi: Hasil Kerja Keras Kapolri

Senin, 10 Juli 2023 - 21:14 WIB
loading...
Kepercayaan Publik ke Polri Naik, Hikmahbudhi: Hasil Kerja Keras Kapolri
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei tingkat kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum. Hasilnya, tingkat kepercayaan publik ke Polri meningkat menjadi 76,4 persen. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Polri ini diapresiasi elemen mahasiswa.

Ketua Umum Pengurus Pusat Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia (PP Hikmahbudhi) Wiryawan mengatakan, naiknya kepercayaan publik terhadap Polri merupakan hasil kerja keras Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

"Naiknya kepercayaan publik terhadap Polri saat ini merupakan hasil kerja keras Kapolri melalui jajaran Divisi Propam untuk mengawasi dan melaksanakan penindakan terhadap anggota yang melakukan pelanggaran," kata Wiryawan, dalam keterangan tertulis, Senin (10/7/2023).



Dia menuturkan, Divisi Propam telah berupaya mengembalikan citra Polri melalui dibukanya layanan pengaduan yang mudah dijangkau masyarakat. Ini berlangsung hingga di tingkat terbawah dan dinilai sangat membantu masyarakat dalam mengadukan oknum-oknum polisi bermasalah.

"Layanan pengaduan yang dibuat oleh Propam Polri sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan komunikasi dua arah sehingga laporan ataupun aduan mereka, baik di tingkat polsek sampai Mabes Polri dapat terlayani dengan baik," tandasnya.

Apa yang dilakukan Divisi Propam, kata Wiryawan, merupakan terobosan positif. Ini juga wujud transparansi kepolisian, yang merupakan salah satu amanat dalam program Kapolri, yakni Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, Berkeadilan).

Hikmahbudhi berharap agar tren positif ini dapat terus ditingkatkan. Sehingga citra Polri nantinya terus membaik di mata masyarakat.

"Terobosan yang dilaksanakan Divisi Propam ini juga merupakan bentuk keterbukaan Polri terhadap aduan dan keluhan yang dirasakan oleh masyarakat di bawah," ungkap Wiryawan.

"Saya berharap pelayanan aduan ini menjadi langkah awal Polri untuk meminang hati masyarakat yang sudah lama gundah akan keadilan," pungkasnya.

Sebelumnya, peneliti utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyebutkan, kepercayaan publik terhadap Polri terus meningkat. Kurang dari setahun, Polri berhasil memulihkan citranya.

"Publik yang percaya terhadap polisi di bulan Juni 2023 sudah mencapai 76,4 persen. Yang mengatakan sangat percaya 10,8 persen, kita gabung dengan mengatakan cukup percaya," kata Burhanuddin, Minggu (2/7/2023).

Pada Agustus 2022, kata dia, trust Polri sempat anjlok ke angka 54%, pascakasus Ferdy Sambo. "Tapi ternyata kurang dari setahun polisi berhasil memulihkan citranya, bahkan sedikit menyalip KPK," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2487 seconds (0.1#10.140)