Respons Cepat Propam Polri Mendapat Apresiasi Sejumlah Kalangan

Senin, 10 Juli 2023 - 12:18 WIB
loading...
Respons Cepat Propam Polri Mendapat Apresiasi Sejumlah Kalangan
Divisi Propam Polri mendapat apresiasi terkait transformasi di era industri 4.0. Masyarakat merasakan komitmen Propam Polri yang responsif dalam melayani aduan. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Divisi Propam Polri mendapat apresiasi dari berbagai elemen masyarakat terkait transformasi di era industri 4.0. Masyarakat merasakan komitmen Propam Polri yang cepat, mudah, transparan, akuntabel, inovatif dan responsif dalam melayani aduan terhadap perilaku anggota Polri dengan memanfaatkan teknologi.

Ketua MPR Bambang Soesatyo mengaku bangga dengan kinerja Divisi Propam Polri. Selain harus bertugas menjaga Kamtibmas, anggota Polri juga memiliki kepedulian kepada masyarakat hingga ke pelosok negeri.

"Inilah sosok polisi Presisi sesungguhnya. Saya dan masyarakat sangat bangga. Salut," kata Bamsoet dalam video ucapannya di kutip Senin (10/7/2023).

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Poenky Indarti mengapresiasi dan berterima kasih kepada Polri yang selama ini hadir untuk masyarakat. Dia bangga banyak muncul sosok polisi inspiratif khususnya anggota Propam yang mengabdi tulus kepada negeri.

Lomba Responsivitas Dumas Satwil Bid Propam 2023, lanjut Poenky, menjadi wujud nyata pelayanan Polri yang transparan, objektif dan menunjujkan keaktifan. "Ini bukti nyata manajemen dan pelayanan Polri kepada masyarakat," ujarnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) Bintang Wahyu Saputra juga mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas adanya Dumas Presisi Propam Polri yang sangat responsibilitas dalam melayani aduan masyarakat. Selain itu dalam menangani dan penyelesaian perkara, Propam Polri telah membuktikan ketegasannya.

Sehingga banyak memunculkan polisi-polisi baik yang humanis dan inspiratif. "Saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Propam Polri atas ketegasannya banyak melahirkan polisi-polisi baik," tandasnya.

Pada era keterbukaan informasi publik, Divpropam Polri menjawab tantangan dengan melakukan transformasi baik dari aspek budaya, organisasi hingga pelayanan publik. Dalam pelayanan publik, Divpropam Polri memanfaatkan layanan WA Yanduan (pelayanan aduan) di nomor 0812-1010-6700. Tujuannya agar komunikasi antara masyarakat dan petugas Yanduan dapat dilakukan secara interaktif dan tidak ada sekat antara petugas dan warga.

WA Yanduan didukung Propam Integrated System (PIS), sebagai sistem kontroling dan monitoring serta Big Data kontroling pimpinan. Tidak hanya pimpinan Polri saja yang dapat memantau, tetapi juga warga yang membuat pengaduan.

Beberapa terobosan tersebut untuk dapat menjawab tantangan di era keterbukaan informasi. Keterbukaan ini penting untuk mengetahui secara utuh pendapat publik terhadap Polri. Dengan adanya aplikasi ini akan membuat Polri berbenah diri.

Kemudian ke internal, Propam Polri dalam memperingati HUT ke-77 Bhayangkara menggelar Lomba Responsivitas Dumas Satwil Bid Propam 2023. Hal itu untuk meningkatkan kinerja anggota polisi dan menciptakan iklim kompetitif seluruh anggota Polri sehingga memunculkan sosok humanis dan inspiratif.

Untuk diketahui, banyak anggota Propam Polri menjadi sosok inspiratif. Bripka Heri Prasetyo anggota Provos Polda DIY menghibahkan seluruh uang tunjangan kinerja (tukin) untuk mendirikan TK gratis di pelosok Gunungkidul sejak 2020.

Kemudian Kasubbid Paminal Polda Kaltim Kompol Irawan Setyono menginisiasi program Polisi Mengabdi di pedalaman Kaltim. Sosok Aiptu Nana Sumarna, anggota Paminal Bidpropam Polda Jambi mendirikan LPQ gratis untuk anak-anak dan lansia.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)