GKR Ayu Koes Indriyah Soroti Perlunya Literasi Budaya Sejak Dini

Minggu, 09 Juli 2023 - 22:03 WIB
loading...
A A A
"Kebetulan saya maju di Dapil Jawa Tengah 5 itu adalah Surakarta, Klaten, Boyolali, dan Sukoharjo yang banyak sekali seniman di situ yang melestarikan budaya," jelasnya.

"Sangat luar biasa sehingga saya ingin sekali budaya itu tetap lestari tidak hanya di depannya Jawa tapi seluruh Indonesia bahkan di dunia," sambung perempuan yang aktif dalam partai ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu.

Selain itu GKR Ayu optimistis dan positif, untuk menang dalam Pemilu 2024.
Terutama berjuang untuk melestarikan budaya Indonesia.

"Semoga mereka mau memilih saya dengan perjuangan untuk tetap melestarikan budaya Indonesia, untuk bisa terus ada di bumi Indonesia," tuturnya.

Sebagai informasi, Kisah Arjuna Wiwaha adalah cerita paling disenangi (favorit) Raja Paku Buwana III, sehingga melahirkan karya sasta serat Wiwaha Jarwa. Dalam Fragmen Wayang Orang Arjuna Wiwaha ini diceritakan tentang keberhasilan Raden Arjuna dalam bertapa di gunung Indrakila dengan sebutan Begawan Mintaraga.

Ketika bertapa, Arjuna tidak terusik dengan godaan para bidadari utusan Dewa, yang berarti Arjuna dapat mengendalikan hawa napsunya. Juga keberhasilan Arjuna dalam mengemban amanah Dewa untuk menumpas angkara murka yang berujud raksasa sakti bernama Prabu Niwatakawaca.

Atas kedua keberhasilan ini Arjuna diwisuda oleh Dewa dengan gelar Prabu Arjuna Wiwaha dan diberikan tahta di Kerajaan Selakandha Waru Binangun.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)