Bacaleg Partai Perindo, GKR Ayu Koes Indriyah Kampanyekan Budaya Indonesia

Minggu, 09 Juli 2023 - 17:55 WIB
loading...
Bacaleg Partai Perindo, GKR Ayu Koes Indriyah Kampanyekan Budaya Indonesia
Ketua DPP Partai Perindo Bidang Kebudayaan, GKR Ayu Koes Indriyah menghadiri Fragmen Wayang Orang lakon Arjuna Wiwaha, Minggu (9/7/2023). Foto/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Bidang Kebudayaan, GKR Ayu Koes Indriyah menghadiri Fragmen Wayang Orang lakon Arjuna Wiwaha. Kegiatan ini digelar di Teater Kautaman Gedung Pewayangan, Jakarta, Minggu (9/7/2023).

Sebagai pembina Yayasan Pawiyatan Kabudayan Karaton Surakarta Hadiningrat, Ayu mengatakan, kegiatan ini diadakan guna melestarikan kebudayaan Indonesia. Menurutnya, Karaton Surakarta merupakan sumber budaya Jawa dimana menjadi acuan bagi seluruh tarian Jawa.

"Sehingga warisan dari leluhur ini harus kita pertahankan kita maksimalkan untuk dikenal masyarakat. Supaya masyarakat tahu bahwa Karaton Surakarta ada untuk masyarakat dan masih bisa menjadi bagian pelestarian budaya dari negara Indonesia yang tidak lekang oleh zaman," kata GKR Ayu kepada wartawan, Minggu (9/7/2023).



Sebagai Bacaleg Perindo untuk DPR RI Dapil Jateng V, Ayu mengungkapkan, salah satu program utamanya yakni kampanye tentang pelestarian budaya yang sumbernya dari Karaton Surakarta.

"Kebetulan saya maju di Dapil Jawa Tengah 5 itu adalah Surakarta, Klaten, Boyolali dan Sukoharjo yang banyak sekali seniman di situ yang melestarikan budaya," kata perempuan yang aktif dalam partai ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu.

"Sangat luar biasa sehingga saya ingin sekali budaya itu tetap lestari tidak hanya di depannya Jawa tapi seluruh Indonesia bahkan di dunia," tambahnya.

Selain itu dia optimistis dan positif untuk menang dalam Pemilu 2024. Terutama berjuang untuk melestarikan budaya Indonesia.

"Saya berharap masyarakat dengan dulu pernah mendukung saya sebagai anggota DPD RI, 2 periode semoga mereka mau memilih saya dengan perjuangan. Tetap melestarikan budaya Jawa tetap melestarikan budaya Indonesia untuk bisa terus ada di bumi Indonesia," tutur wanita yang aktif dalam partai yang dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera itu.

Sebagai informasi, Kisah Arjuna Wiwaha adalah cerita paling disenangi (favorit) Raja Paku Buwana III, sehingga melahirkan karya sasta serat Wiwaha Jarwa. Dalam Fragmen Wayang Orang Arjuna Wiwaha ini diceritakan tentang keberhasilan Raden Arjuna dalam bertapa di gunung Indrakila dengan sebutan Begawan Mintaraga.

Ketika bertapa, Arjuna tidak terusik dengan godaan para bidadari utusan Dewa, yang berarti Arjuna dapat mengendalikan hawa napsunya. Juga keberhasilan Arjuna dalam mengemban amanah Dewa untuk menumpas angkara murka yang berujud raksasa sakti bernama Prabu Niwatakawaca. Atas kedua keberhasilan ini Arjuna diwisuda oleh Dewa dengan gelar Prabu Arjuna Wiwaha dan diberikan tahta di Kerajaan Selakandha Waru Binangun.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)