Komandan Kodiklatad yang Sukses Jabat KSAD, Nomor 2 dan 3 Melesat Jadi Panglima TNI

Minggu, 09 Juli 2023 - 06:00 WIB
loading...
Komandan Kodiklatad yang Sukses Jabat KSAD, Nomor 2 dan 3 Melesat Jadi Panglima TNI
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dan Jenderal TNI Andika Perkasa merupakan dua mantan Komanda Kodiklatad yang berhasil melesat menjadi Panglima TNI. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan, dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklatad) merupakan salah satu jabatan strategis di kesatuan Angkatan Darat . Posisi Komandan Kodiklatad diisi oleh jenderal bintang tiga atau Letjen.

Dalam sejarahnya, sebanyak 21 Pati TNI AD berhasil mengemban jabatan Komandan Kodiklatad. Tiga di antaranya sukses menempati posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Bahkan, ada yang melesat menjadi Panglima TNI.



Perlu diketahui, Kodklatad merupakan Komando Utama pembinaan TNI AD yang berkedudukan langsung di bawah KSAD dan bertempat di Bandung. Tugas pokok Kodiklat TNI AD adalah menyelenggarakan pembinaan doktrin/sistem operasi matra darat, pendidikan, dan latihan TNI AD.

Berdirinya Kodiklatad diawali dengan didirikannya Direktorat Infanteri tahun 1950, selanjutnya tahun 1951 diubah menjadi Direktorat Pendidikan Angkatan Darat (DPAD). Kemudian pada tahun 1956 diresmikan menjadi Inspektorat Djenderal Pendidikan dan Latihan yang disempurnakan menjadi KOPLAT.

Seiring reorganisasi dalam tubuh ABRI maka dilebur dan dibentuk menjadi KOBANGDIKLAT, yang selanjutnya dilikuidasi menjadi PUSBANGSISOPS dan PUSBINDIK sebagai Badan Pelaksana Pusat. PUSBANGSISOPS dan PUSBINDIK dipandang lebih efektif jika dikoordinasi menjadi satu satuan sehingga melalui Skep Kasad Nomor Skep/454/XI/1994 tanggal 17 November 1994 maka dibentuklah Kodiklatad.

Berikut daftar Komandan Kodiklatad yang sukses jabat KSAD:

1. Jenderal TNI Budiman


Jenderal Budiman merupakan Komandan Kodiklatad pertama yang berhasil menembus pangkat bintang empat dengan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Dia menjabat Komandan Kodilatad pada periode 2010-2011.

Budiman merupakan jebolan Akabri tahun 1978 dan penerima Adhi Makayasa-Tri Sakti Wiratama. Karier militer Budiman cukup cemerlang. Selain peraih Adhi Makayasa, pemilik Satyalencana Seroja ini merupakan lulusan terbaik Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat (Seskoad) tahun 1994 dan lulusan terbaik Wira Adi Nugraha Sesko TNI 2001.

Tentara yang memulai karier sebagai Komandan Peleton Yonzipur 3 Kodam III/Siliwangi pada 1979 ini satu-satunya perwira dari Korps Zeni yang sukses meraih hat-trick lulusan terbaik.

Kecemerlangannya di dunia pendidikan sejaln dengan karier militernya yang bersinar terangnya. Puncak karier militernya ketika ditunjuk menjadi KSAD menggantikan Jenderal TNI Moeldoko yang promosi menjadi Panglima TNI.

Sejumlah jabatan strategis pernah dia emban selama karier militernya. Mulai dari Dirjakstra Ditjen Strahan Dephan (2008), Pa Sahli Tk. III Bidang Polkamnas Panglima TNI dan Sesmilpres Kemsetneg (2008), Pangdam IV/Diponegoro (2009), Wakil KSAD (2011), dan Sekjen Kemhan (2013).

2. Jenderal TNI Gatot Nurmantyo


Jenderal Gatot Nurmantyo merupakan Komandan Kodiklatad berikutnya yang berhasil mengikuti jejak seniornya Jenderal Budiman meraih bintang empat di pundaknya. Dia menjadi Komandan Kodiklatad dengan masa jabatan 2011-2013.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)