Di Hadapan Jokowi, Containder Beberkan Perkembangan Aplikasi Bersih Sampah

Sabtu, 08 Juli 2023 - 22:26 WIB
loading...
A A A
Dengan bermitra bersama Unilever Indonesia, Containder melakukan program Pengumpulan Sampah Plastik di Kabupaten Biak Numfor - Papua, dengan target 150 ton sampah plastik akan terkumpul selama enam bulan.

Program ini juga melibatkan masyarakat lokal untuk menjadi Local Champion yang akan terlibat langsung dalam pengumpulan sampah. Tidak hanya itu, program ini juga bertujuan untuk membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Irsanto Imbiri menambahkan bahwa progres yang cukup pesat ini tidak terlepas dari peran Billy Mambrasar sebagai penasihat Containder sekaligus Duta Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia.

Selain mendapat dukungan dari AIS Forum dan bermitra dengan Unilever Indonesia, Containder juga berkerja sama dengan beberapa lembaga BUMN dan Swasta untuk mendukung komitmen Containder dalam mendigitalisasi tata kelola sampah di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya Indonesia Timur.

Bersama PT Surveyor Indonesia, Containder melakukan penghitungan carbon offset. Surveyor Indonesia akan mengambil data dan mengkonversikannya ke bentuk carbon savings data, yang kemudian data carbon savings akan ditampilkan di sistem.

Data akan ditunjukan di UN melalui sistem VNR. Seluruh implementasi yang dilakukan oleh Containder akan dilaporkan secara langsung ke Seknas SDGs Indonesia.

Saat ini Containder juga sedang dalam proses komunikasi dengan Pertamina untuk menjajaki kerjasama dan berkomunikasi dengan Petrosea untuk bisa berkomitmen dalam pembangunan di Indonesia.

Untuk diketahui, Containder merupakan Tech Start-Up yang dibesut oleh; Indra Makalew, Zefanya dan Rachel Mambrasarberfokus kepada tata kelola sampah dari hulu hingga ke hilir.

Terdapat empat fitur utama Containder yaitu Fitur pengawasan yaitu layanan yang menampilkan dashboard yang berisi segala macam kegiatan yang bisa di monitor, mulai dari kegiatan pekerja pengangkut sampah hingga status kebersihan TPS.

Kedua fitur pelaporan yaitu dimana semua petugas kebersihan melaporkan pekerjaan melalui aplikasi. Ketiga fitur pembayaran yaitu layanan pembayaran retribusi kebersihan melalui containder menggunakan digital wallet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1842 seconds (0.1#10.140)