Di Hadapan Jokowi, Containder Beberkan Perkembangan Aplikasi Bersih Sampah

Sabtu, 08 Juli 2023 - 22:26 WIB
loading...
Di Hadapan Jokowi, Containder  Beberkan Perkembangan Aplikasi Bersih Sampah
Presiden Jokowi saat membuka Papua Street Carnival di Area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023). Foto: Ist
A A A
JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi perkembangan aplikasi bersih sampah Containder.

Untuk kedua kalinya Containder mendapat kesempatan berharga untuk presentasi langsung di depan Presiden Jokowi. Kesempatan tersebut berlangsung pada saat Presiden Jokowi membuka Papua Street Carnival di Area Kantor Gubernur Papua, Kota Jayapura, Papua, Jumat (7/7/2023).

Manajer Implementasi Papua untuk Containder Irsanto Imbiri pada kesempatan itu menjelaskan kepada Presiden tentang perkembangan aplikasi yang berfokus kepada tata kelola sampah dari hulu hingga ke hilir ini.

"Sejak peresmian Papua Youth Creative Hub di bulan Maret lalu, aplikasi kami saat ini telah terimplementasi di Kabupaten Biak Numfor dan akan segera berproses di Kota Bitung Sulawesi Utara. Terima kasih banyak Pak Presiden," ujar pemuda asal Sorong tersebut yang pada 21 Maret 2023 memperkenalkan Containder kepada Presiden Jokowi pada momen peresmian Gedung Papua Youth Creative Hub di Jayapura.



"Sejak presentasi di depan bapak (Presiden Jokowi), saat ini kami sudah menerima 6 Letter of Interest (LoI) dari enam daerah untuk pengaplikasian bersih sampah Containder, yaitu Kabutapen Biak Numfor, Kabupaten Kepulauan Yapen, Kota Jayapura, Kota Sorong Kota Ambon dan Kota Bitung Bapak," lanjutnya.

Lebih lanjut anggota Papua Muda Inspiratif Kota Sorong tersebut menginformasikan bahwa Containder telah mendapatkan grant (dana hibah) sebesar USD20.000 di program AIS Business Acceleration Hub 2023 yang diselenggarakan oleh Archipelagic and Island States (AIS) Forum.

Dari dana hibah yang diterima ini, Containder mengimplementasikan melalui program yang dilakukan di Kabupaten Biak Numfor-Papua, untuk mengurangi sampah, khususnya plastik di laut yang berada di kawasan Samudera Pasifik.

Containder mengajak 100 Sea Warrior yang terdiri dari berbagai kalangan untuk ikut dalam kegiatan ini. Dengan kepercayaan yang diberikan oleh AIS Forum ini, memperkuat komitmen Containder sebagai Tech Start-Up yang berfokus kepada tata kelola sampah dari hulu hingga ke hilir.

Tidak hanya itu, Containder juga dipercaya oleh Unilever Indonesia, sebagai mitra mereka dalam mewujudkan komitmen mereka dalam mengimplementasikan program-program keberlanjutan bagi lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)