Wujudkan Indonesia Emas melalui Layanan Kesehatan Deteksi Dini

Kamis, 06 Juli 2023 - 00:21 WIB
loading...
Wujudkan Indonesia Emas melalui Layanan Kesehatan Deteksi Dini
Peluncuran white paper berjudul Realisasi Periode Emas Indonesia: Mendorong Bangsa yang Maju melalui Masyarakat yang Sehat dan Produktif melalui Deteksi Dini, Rabu (5/7/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengingatkan kepada semua pihak tentang pentingnya menjaga kesehatan, utamanya melalui upaya preventif. Untuk mencapai tujuan generasi periode Indonesia Emas, peran kesehatan tidak sebatas kuratif dan rehabilitatif penyakit, tetapi juga berperan pada ekonomi dan penyiapan sumber daya manusia yang sehat dan sejahtera.

"Tantangan kesehatan kita saat ini adalah bagaimana memanfaatkan bonus demografi 2035- 2040, di mana Indonesia akan mendapatkan angkatan kerja produktif hampir 193 Juta orang yang artinya hampir 70% dari jumlah seluruh rakyat Indonesia," kata Co-founder Plebo, Dimas Prasetyo saat peluncuran white paper berjudul Realisasi Periode Emas Indonesia: Mendorong Bangsa yang Maju melalui Masyarakat yang Sehat dan Produktif melalui Deteksi Dini di The Ritz-Carlton Hotel, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2023).

Peluncuran white paper yang Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin tersebut merupakan inisiatif oleh anak bangsa dari berbagai latar belakang kompetensi seperti medis, Teknologi Informasi (IT), dan kompetensi pendukung lainnya. Mereka menginisiasi dan mentransformasikan pelayanan kesehatan preventif, promotif melalui deteksi dini, wellness, dan primary care.

Plebo sebagai primary care menyediakan layanan kesehatan yang berfokus pada preventif dan promotif, dengan membentuk ekosistem yang mengadaptasi kecerdasan buatan, yang bertujuan untuk meminimalisasi langkah kuratif dan rehabilitasi. Infrastruktur supply chain yang dibentuk Plebo, memiliki standarisasi mutu ketat yang didukung oleh teknologi sehingga terbentuknya konstruksi lab diagnostik yang efisien dan profesional.

Dengan menyatukan teknologi Artificial Intelligence (AI), Plebo Pro menjadi aplikasi yang mampu mendigitalisasikan seluruh alur pemeriksaan, mulai dari dokumentasi, analisis, dan penjelasan hasil diagnostik, dan divalidasi oleh dokter. Teknologi ini bisa membantu pasien menelaah kebutuhannya secara terpersonalisasi dan sesuai dengan arahan dari tenaga kesehatan profesional.

"Misi kami adalah melayani jutaan masyarakat khususnya dalam mendapatkan layanan preventif diagnostik yang berkualitas profesional, aksesibilitas mudah, dan harga yang terjangkau," kata Dimas Prasetyo.

Setelah pemeriksaan diagnostik, masyarakat akan didukung oleh Livewell untuk menjalani pola hidup sehat melalui teknologi yang bisa menyediakan fakta kesehatan. Dalam satu teknologi, tersedia analisis dan rekomendasi terkait nutrisi, hidrasi, pola tidur, aktivitas fisik, dan kesehatan mental yang terkurasi secara personal.

Aplikasi Livewell menjadi platform untuk wellness dengan akses mudah dan praktis yang dibuat oleh dokter dengan keahlian di bidang wellness seperti nutrisi, fisik dan kesehatan mental. Menyediakan program dan rekomendasi kebugaran, olahraga, dan latihan fisik yang praktis serta mudah, sesuai dengan hasil diagnostik dan kesehatan personal.

"Plebo siap berkolaborasi untuk mempersiapkan sektor kesehatan Indonesia yang infrastrukturnya bergandengan dengan kemajuan informasi dan teknologi, agar bisa menciptakan masyarakat yang sehat dan produktif," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)