Cawapres Ganjar dan Prabowo Diprediksi dari Lingkaran Pemerintah

Sabtu, 01 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
Cawapres Ganjar dan...
Cawapres untuk Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto berpotensi diambil dari nama-nama yang menjadi bagian dari pendukung pemerintahan Presiden Jokowi. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Meskipun sejumlah nama beredar, nyatanya peta calon wakil presiden (cawapres) masih sangat dinamis. Cawapres untuk Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto berpotensi diambil dari nama-nama yang menjadi bagian dari pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pengamat Politik Citra Institute Yusak Farchan mengatakan, dengan jarak elektabilitas tiga bakal calon presiden yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan yang sangat kompetitif, figur cawapres berpotensi menjadi kunci kemenangan.

"Realitas politik inilah yang membuat semua poros koalisi tampak sangat hati-hati dalam menetapkan cawapres. Salah pilih cawapres tentu bisa menjadi bumerang," kata Yusak saat dihubungi, Sabtu (1/7/2023).

Dari tiga poros koalisi, Yusak menilai Ganjar dan PDIP yang paling fleksibel dalam menetapkan cawapres karena tidak tersandera dengan syarat presidential threshold 20%.

Berbeda dengan poros Partai Gerindra-PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dan poros Partai Nasdem-Partai Demokrat-PKS dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang masih terlihat saling sandera dalam perebutan posisi cawapres di internal koalisi masing-masing.

Soal nama-nama cawapres yang berkembang di lingkaran Ganjar, lanjut Yusak, PDIP tidak akan mengabaikan variabel elektabilitas cawapres.

PDIP pun masih berburu cawapres yang mampu mengonsolidasikan kekuatan politik Nahdlatul Ulama (NU) secara massif. Jadi, potensi kandidat yang muncul seperti Sandiaga Uno yang diusulkan PPP masih minim.

"Meskipun elektabilitas Sandi tinggi dan PPP menjadi representasi kekuatan politik Islam tradisional, tetapi ketokohan Sandi di PPP dianggap belum mampu mengkonsolidasikan dukungan NU karena asosisasi figur Sandi terhadap PPP dan NU lemah," terang Yusak

"Makanya muncul nama seperti Nasarudin Umar, TGB Zainul Majdi, bahkan Kiai Maruf Amin untuk disandingkan dengan Ganjar," sambungnya.


Lalu di KKIR, menurut Yusak, meskipun Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) memegang golden tiket cawapres, tapi masih terbuka kemungkinan munculnya cawapres lain.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0990 seconds (0.1#10.140)