Survei SMRC Ungkap Peluang Erick Thohir Jadi Bacawapres Ganjar

Kamis, 29 Juni 2023 - 18:32 WIB
loading...
A A A
Terkait Bacawapres Ganjar Pranowo, Saiful Mujani melihat PAN memiliki harapan agar Erick Thohir menjadi Cawapres Ganjar Pranowo.

"Kita lihat Erick dan Sandiaga Uno dari hasil survei (Mei 2023, Erick 19,4 persen dan Sandiaga Uno 14,3 persen. Kita menemukan di sini Erick bedanya sekitar 5 persen (dari Sandiaga Uno). Untuk signifikan dan meyakinkan harus dua kali margin of error," kata Saiful Mujani.

Sehingga pertarungan menjadi Bacawapres Ganjar Pranowo antara Sandiaga Uno dan Erick Thohir kata Saiful Mujani masih akan terus terlihat kedepannya.

"Jadi harusnya Erick 21 persen atau 20 persen itu baru kita bisa yakin. Kalau ini saya anggap kurang lebih seimbang antara Erick Thohir dan Sandiaga Uno. Kalau Erick Thohir dengan Mahfud MD itu memang berbeda signifikan," terangnya.

Nama Erick Thohir untuk Bacawapres Ganjar Pranowo disebut Saiful Mujani cukup bagus dibanding tokoh-tokoh lain terutama kalau dibandingkan dengan Khofifah, AHY.

"AHY kita masukan karena sangat dinamis. Airlangga Hartarto juga kita pertimbangkan tentu saja sebagai pimpinan partai yang cukup besar. Said Aqil dan Yahya Staquf sebagai tokoh NU," lanjut Saiful Mujani.

SMRC disebut Saiful Mujani melihat sosok Erick Thohir menjadi yang paling potensial untuk mendampingi Ganjar Pranowo, namun terkait apakah dapat mendongkrak suara Ganjar Pranowo ia mengaku masih perlu melalui penelitian lebih lanjut.

"Kita bisa mengatakan Erick kelihatan paling potensial kemungkinannya untuk mendapatkan dukungan kalau berpasangan dengan Ganjar Pranowo. Itu yang diinginkan, tapi pertanyaan berikutnya apakah mereka ini bisa mendongkrak suara Ganjar, itu yang lebih penting, itu menjadi studi kita lebih lanjut," tutupnya.

Berikut ini elektabilitas nama-nama tokoh Bacawapres Ganjar Pranowo dalam simulasi tertutup 8 nama versi SMRC: Erick Thohir 19,4 persen, Sandiaga Uno 14,3 persen, Mahfud MD 13,2 persen, Khofifah Indar Parawansa 8,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 8,4 persen, Airlangga Hartarto 7,8 persen, Said Aqil Siroj 2,5 persen, Yahya Cholil Staquf 1,4 persen, Tidak Tahu/Tidak Jawab 24,3 persen.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)