Malam Ini! Wawancara Eksklusif Jaksa Agung: Mengungkap Skandal Besar, Kasus Korupsi Infrastruktur BTS 4G dan BAKTI Kominfo, Selengkapnya di The Prime Show with Aiman, iNews

Rabu, 28 Juni 2023 - 16:03 WIB
loading...
Malam Ini! Wawancara Eksklusif Jaksa Agung: Mengungkap Skandal Besar, Kasus Korupsi Infrastruktur BTS 4G dan BAKTI Kominfo, Selengkapnya di The Prime Show with Aiman, iNews
Malam Ini! Wawancara Eksklusif Jaksa Agung: Mengungkap Skandal Besar, Kasus Korupsi Infrastruktur BTS 4G dan BAKTI Kominfo, Selengkapnya di The Prime Show with Aiman, iNews
A A A
JAKARTA - Skandal korupsi terkait penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) mengguncang negeri. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ikut terjerat dalam lingkaran hukum dan harus menghadapi proses persidangan karena keterlibatannya.

Proyek pembangunan BTS 4G BAKTI Kominfo dilakukan untuk memberikan pelayanan di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Kominfo berencana membangun 4.200 menara BTS di beberapa wilayah Indonesia. Namun pada kenyataannya, Johnny G Plate cs terbukti melakukan perbuatan melawan hukum dengan merekayasa dan mengondisikan proses lelang proyek. Kemudian, dari hasil penghitungan kerugian negara, kasus yang menjerat Plate ini ditaksir menimbulkan kerugian negara hingga Rp8,032 triliun.

Dalam sidang perdananya, Johnny tidak sendiri. Ia disidang bersama dua terdakwa lainnya, yakni Anang Achmad Latif (Direktur Utama BAKTI Kominfo) dan Yohan Suryanto (Tenaga Ahli Human Development (HUDEV) Universitas Indonesia 2020). Mereka dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

Kemudian, terdengar kabar bahwa Plate akan menjadi seorang justice collaborator. Untuk diketahui, dengan mengajukan diri menjadi justice collaborator tentu dapat meringankan masa hukumannya selama bertindak kooperatif baik dari sikap maupun soal memberikan keterangan, maka setiap keterangannya di persidangan akan menentukan kesungguhan niatnya dalam upaya membongkar kasus korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo.



Dengan begitu, Johnny pun didorong untuk “bernyanyi” atau mengungkap tersangka lain yang terlibat dalam kasus ini. Permintaan tersebut pun dinilai menunjukkan adanya dugaan keterlibatan pihak lain dalam praktik korupsi ini. Johnny diminta untuk memberikan pengakuan yang jujur dan transparan. Lantas, benarkah masih ada “aktor” lain di balik kasus ini? Dan akankah Johnny “bernyanyi” di persidangan? Kami akan membahasnya secara tuntas dan eksklusif dalam dialog utama The Prime Show with Aiman, langsung bersama narasumber-narasumber terkait.

Saksikan selengkapnya hanya di The Prime Show with Aiman, malam ini (Rabu, 28 Juni 2023) pukul 21.00 WIB, dipandu oleh host spesial, Aiman Witjaksono. Setelah itu, Anda dapat menyaksikan talkshow “Konspirasi Prabu”, yang dipandu oleh host ternama Indonesia, Prabu Revolusi, malam ini (Rabu, 28 Juni 2023) pukul 22.00 WIB dipandu oleh Prabu Revolusi, di iNews. Selain itu, dapat disaksikan juga secara streaming di Vision+ dan RCTI+.

Ayo set ulang frekuensi TV digital/STB Anda, tonton iNews di saluran digital terbaik.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)