Arah Dukungan Jokowi Clear ke Ganjar, Pengamat: Ideologinya Ikuti Bung Karno

Rabu, 28 Juni 2023 - 10:44 WIB
loading...
Arah Dukungan Jokowi Clear ke Ganjar, Pengamat: Ideologinya Ikuti Bung Karno
Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin turut menelaah pidato Presiden Jokowi soal memenangkan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 mendatang di acara Bulan Bung Karno. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin turut menelaah pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal memenangkan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 mendatang di acara Bulan Bung Karno.

Menurut Ujang, Jokowi merupakan sosok leadership yang juga memiliki gerbong yang panjang. Termasuk, bisa menentukan arah relawannya.



"Dia punya relawan, dan jangan lupa bahwa beliau adalah kader partai, tapi jiwanya darahnya ibaratnya kalau dibelah pasti dia merah," ujar Ujang dalam acara Talk Politics With Reinhard Sirait dikutip, Rabu (28/6/2023).

Kalau kita melihat secara psikologis, kata Ujang, arah dukungan Jokowi sudah benar-benar mencerminkan ke arah Ganjar Pranowo.

"Arah dukungan Pak Jokowi itu sangat clear kepada Pak Ganjar, yang kedua secara ideologis, figur Bu Megawati apalagi Pak Jokowi, Pak Ganjar ini kan tidak bisa ditafsirkan lagi bahwa dia ideologinya sangat clear mengikuti jejak langkah Bung Karno," paparnya.

"Ditambah dengan pidato Pak Jokowi bahwa ya ini tidak perlu diinterpretasikan lebih lanjut lagi, tidak perlu diperlebar lagi, artinya bahwa memang arah dukungan Pak Jokowi adalah ke Pak Ganjar," sambungnya.

Jangan lupa, kata Ujang, menurut Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat, dari mulai wali kota, gubernur hingga presiden, Jokowi selalu disokong oleh PDIP.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan pada kader PDIP Ganjar Pranowo yang diusung untuk menjadi calon presiden (capres) pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.



“Untuk 2024 di sini hadir calon presiden dari Ganjar Pranowo. Saya ulangi, tadi telah kita dengarkan calon presiden dari PDIP Perjuangan Bapak Ganjar Pranowo,” kata Jokowi dalam sambutannya di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)