5 Jenderal TNI yang Pernah Menjabat Menko Polhukam di Era 2000-an

Selasa, 27 Juni 2023 - 18:22 WIB
loading...
A A A

3. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono atau biasa dikenal SBY merupakan Presiden Indonesia keenam yang menjabat selama dua periode. Masing-masing masa jabatannya adalah periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Sebelum menjadi presiden, SBY juga banyak menduduki jabatan strategis, baik di militer maupun pemerintahan. Salah satu di antaranya adalah menjadi Menkopolhukam yang saat itu bernama Menko Polkam di era pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Di era pemerintahan Gus Dur, SBY sebelumnya juga pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Polsoskam.

4. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan

Berikutnya ada nama Jenderal TNI (HOR) (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan. Saat ini, dia tengah mengemban tugas sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia (Menko Marves).

Pada perjalanan kariernya, Luhut juga sempat menempati berbagai jabatan pemerintahan lain. Salah satu di antaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Menkopolhukam).

Luhut menempati jabatan Menko Polhukam pada periode 2015-2016. Saat itu, dia menggantikan posisi Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhy Pudjianto.

5. Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soerjadi Soedirdja

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Soerjadi Soedirdja merupakan salah seorang tokoh militer dan politikus Indonesia. Dia pernah menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997.

Selain itu, sederet posisi strategis lain juga pernah ditempati Soerjadi Soedirdja, termasuk menjadi menteri. Salah satunya adalah Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam).

Jabatan Menko Polkam ini ditempatinya di era Presiden Gus Dur, tepatnya periode Februari-Agustus 2000.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)