BKSAP DPR Terima Delegasi INTA, Perjuangkan Produk Indonesia Masuk Uni Eropa

Kamis, 22 Juni 2023 - 21:39 WIB
loading...
BKSAP DPR Terima Delegasi INTA, Perjuangkan Produk Indonesia Masuk Uni Eropa
Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR menerima kunjungan delegasi European Parliaments Committee on International Trade (INTA) ke DPR, Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Badan Kerja Sama Antar Parlemen ( BKSAP ) DPR menerima kunjungan delegasi European Parliament's Committee on International Trade (INTA) ke DPR, Kompleks Senayan, Jakarta, Kamis (22/6/2023). Pertemuan itu guna meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, khususnya kerja sama sektor perdagangan.

Ketua Delegasi INTA Bernd Lange dan beberapa anggota delegasi untuk pertama kalinya datang berkunjung datang ke Indonesia. Terkait kunjungan ini, Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana mengatakan ini sebagai salah satu momentum yang baik, karena selain kerja sama perdagangan, delegasi INTA harus mengetahui lebih banyak lagi tentang Indonesia, khususnya di sektor kebudayaan dan pariwisata.

“Kita ketahui, banyak isu atau permasalahan yang memang ada perdebatan dengan Parlemen Uni Eropa terkait beberapa isu yang berhubungan EU Green Deal & terkait deforestasi. Dan bagaimana trade untuk produk-produk kita agar bisa masuk ke berbagai negara khususnya Uni Eropa. Ini merupakan kunjungan mereka pertama kali ke Indonesia,” kata Putu di Kompleks Parlemen.

Menurut Putu, BKSAP DPR selalu meyakinkan Uni Eropa bahwa produk-produk Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan agrikultur secara khusus sawit Indonesia, sudah betul-betul diterapkan oleh Indonesia yang memperhatikan aspek sustainability dan konsep green economy. Jadi, patut disyukuri niat kerja sama itu disambut baik pihak Uni Eropa.

“Pertama bahwa itu (produk sawit Indonesia) tidak merusak lingkungan dan tentunya sangat minim kerusakan lingkungan. Kedua, tentu bagaimana kita meyakinkan kepada mereka bahwa pembangunan tidak sampai merusak hutan. Dan yang lain juga kita inklusif bahwa rakyat menikmati peningkatan trade ini yang berhubungan dengan produk-produk kita,” jelasnya.

Ia menyebut, delegasi INTA mengunjungi Komisi VI DPR yang membidangi perdagangan dan investasi. Menurutnya, fokus mereka justru ingin memahami lebih jauh lagi bagaimana produk di kedua negara ini bisa masuk ke masing-masing negara. “Kita memperjuangkan produk-produk kita agar bisa masuk ke Uni Eropa,” jelas legislator asal Bali ini.

Putu menjelaskan, pangsa pasar Uni Eropa begitu besar yaitu terdapat 450 juta penduduk di Uni Eropa dan ASEAN sendiri terdapat lebih dari 600 juta penduduk ASEAN. Sehingga, kerja sama ini momentum yang baik untuk sama-sama mempromosikan potensi kedua kawasan ini.

“Nah, tentunya ini harus kita dudukkan bersama dan mudah-mudahan ke depan banyak hal yang bisa kita samakan visi untuk saling mendukung. Pada akhirnya, memberikan kerja sama peningkatan di segala bidang secara khusus di bidang perdagangan,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Putu memimpin Tour Building delegasi INTA ke berbagai ruang yang ada di kawasan Parlemen, seperti Museum DPR RI dan Ruang Rapat Paripurna yang ada di Gedung Nusantara DPR. Menurut Putu, para delegasi tersebut mengapresiasi Gedung DPR sebagai sebuah bangunan bersejarah (heritage building).

Sementara itu, delegasi yang hadir yaitu H.E. Mr Vincent Piket-Ambassador of the European Union to Indonesia and Brunei Darussalam; Hon. Mr Bernd Lange-Chair of the Committee of International Trade (INTA) of the European Parliament; Hon. Ms Heidi Hautala-Vice-President of the European Parliament; INTA Rapporteur for ASEAN Countries; Hon. Ms Marie-Pierre Vedrenne – Member of INTA Committee.

Kemudian Mr Thierry Mariani – Member of INTA Committee; Mr Jan Zahradil – Member of INTA Committee; Mr Helmut Scholz – Member of INTA Committee; Mr Martti Kalaus – INTA Secretariat; Mr Gabriel Alvarez Recarte - INTA Secretariat; Ms Marika Jakas – Head of Trade and Economic Section of EU Delegation Jakarta; Mr Antoine Ripoll – European Parliament Secretariat.

Selanjutnya, Ms Marta Ruiz Carnes – Political Advisor of INTA; Ms Ursa Pondelek – Political Advisor of INTA; Ms Elisa Aonzo – Political Advisor of INTA; Ms Maria Cecilia Olivet – Political Advisor of INTA; Mr Joko Raharjo – Trade Officer of EU Delegation Jak.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2084 seconds (0.1#10.140)