IVL 2023, Pemkab Batanghari Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Kamis, 22 Juni 2023 - 13:57 WIB
loading...
IVL 2023, Pemkab Batanghari Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Petani
Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief, dalam Indonesia Visionary Leader (IVL) Season XII dengan tema Kepala Daerah Sebagai Penjaga Resiliensi Ekonomi di Auditorium Gedung Sindo, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023). Foto/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Batanghari tengah fokus dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang sebagian besar mengandalkan hidupnya dari sektor pertanian dan perkebunan. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief.

Penjelasan Fadhil Arief tersebut dijabarkannya dalam babak penjurian Indonesia Visionary Leader (IVL) Season XII dengan tema 'Kepala Daerah Sebagai Penjaga Resiliensi Ekonomi' di Auditorium Gedung Sindo, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Kamis (22/6/2023).

Fadhil Arief menyebutkan, pihaknya sudah melakukan edukasi terhadap para petani dalam meningkatkan produktivitas pertanian.

"Satu hektare lahan pertanian padi di Batanghari sebelumnya hanya menghasilkan 2,5 ton, saat ini kita tingkatkan menjadi 6 ton dengan target optimal kedepannya bisa menjadi 9 ton," ujar Fadhil Arief.



Pihaknya juga terus mendorong pencapaian target pertumbuhan ekonomi kita tahun ini dua digit di atas 10 persen.

"Hasil perkebunan harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pendidikan harus baik menjadi landasan agar sumber daya manusia di Batanghari berkualitas," tegasnya.

Menurutnya bonus demografi generasi muda harus dimanfaatkan dengan baik meskipun di tengah keterbatasan APBD dan PAD.

"Kita upayakan pengawasan terhadap lingkungan untuk para pengusaha. Untuk jangka pendek PAD kita fokus pada kebun kelapa sawit CPO, batubara, ada sumur minyak baru. Tapi ini tidak bisa selamanya, karena akan habis dan merusak lingkungan," tuturnya.

Ia menyebutkan pihaknya tengah upayakan ada industri turunan dari komiditas yang ada agar bisa dikelola di Kabupaten Batanghari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1687 seconds (0.1#10.140)