Sederet Brevet Koleksi Letjen TNI (Purn) Besar Harto Karyawan

Selasa, 13 Juni 2023 - 05:55 WIB
loading...
Sederet Brevet Koleksi Letjen TNI (Purn) Besar Harto Karyawan
Sederet koleksi brevet yang tersemat di seragam tentaranya Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Besar Harto Karyawan menarik untuk diketahui. Foto/Dok TNI
A A A
JAKARTA - Sederet koleksi brevet yang tersemat di seragam tentaranya Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Besar Harto Karyawan menarik untuk diketahui. Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1986 yang berpengalaman dalam Infanteri (Kostrad) ini memasuki masa pensiun sejak Juni 2021.

Jabatan terakhir Purnawirawan TNI Angkatan Darat (AD) ini adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Besar Harto lahir di Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat, 31 Mei 1963.

Meski lahir di Padang, dia bukanlah berdarah Minang. Ibunya asli Slawi, Tegal, Jawa Tengah. Sedangkan sang ayah yang juga seorang tentara itu asli Pemalang, Jawa Tengah.

Anak kolong ini mengabdi di TNI AD selama 35 tahun. Tidak sedikit brevet yang diterima purnawirawan Jenderal Bintang 3 TNI selama barkarier di militer.

Sederet Brevet Koleksi Letjen TNI (Purn) Besar Harto Karyawan




Berikut sederet brevet koleksi Letjen TNI (Purn) Besar Harto Karyawan di antaranya:

1. Brevet Cakra Kostrad


Dilansir dari kostrad.mil.id, setiap prajurit yang memiliki brevet ini berarti telah mengikuti latihan standarisasi prajurit Kostrad dan telah resmi menyandang predikat prajurit Cakra Kostrad.

2. Brevet Para Raider


Brevet ini diberikan kepada prajurit TNI AD yang telah lulus mengikuti kursus kualifikasi para raider.

3. Brevet Jump Master


Jump master bertugas mengontrol jalannya penerjunan mulai dari perlengkapan, waktu, hingga bertanggung jawab atas keselamatan penerjun sampai titik penerjunan. Seorang jump master harus mampu menguasai tentang teknik pelipatan parasut, teknik spotting, teknik exit, teknik melayang, teknik mengemudi, teknik pattern, dan teknik pendaratan serta prosedur darurat.

Baca Juga: Karier Mayjen Besar Harto Karyawan hingga Menjadi Pangkostrad

4. Brevet Scuba TNI AL


Brevet ini diberikan atas keberhasilan peserta latihan dalam melaksanakan latihan dan menyelesaikan permasalahan yang diberikan di dalam air dengan menggunakan alat Scuba menunjukkan keberhasilan prajurit dalam penguasaan diri dan alat selam.

5. Brevet Taipur


Brevet Kualifikasi Pengintai Tempur (Taipur) ini diberikan kepada prajurit Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang telah lulus latihan kualifikasi intai tempur. Berdasarkan keterangan di laman resmi TNI, para penyandang brevet ini memiliki keterampilan menggunakan senjata tradisional sumpit dan panah, tembak tepat pistol dan senapan, tembak runduk (sniper), infiltrasi menggunakan LCR, ambush dalam air, bunuh senyap, dan menghancurkan sasaran.

Dikutip dari laman resmi TNI, Brevet Kehormatan Pengintai Tempur (Taipur) ini disematkan kepada Besar Harto Karyawan ketika masih sebagai Irkostrad atau berpangkat Kolonel Inf. Penyematan brevet ini dilakukan oleh Pangkostrad ketika itu Letjen TNI Edy Rahmayadi di Lapangan Subdenharlat Kostrad Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (13/11/2015).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3449 seconds (0.1#10.140)