Pengamat Ungkap Sejumlah Faktor Mahfud MD Masuk Bursa Cawapres Ganjar

Senin, 12 Juni 2023 - 07:51 WIB
loading...
Pengamat Ungkap Sejumlah Faktor Mahfud MD Masuk Bursa Cawapres Ganjar
Menko Polhukam, Mahfud MD disebut-sebut masuk nominasi bursa Cawapres dari bakal Capres Ganjar Pranowo. Foto/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam, Mahfud MD disebut-sebut masuk nominasi bursa Cawapres dari Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024. Masuknya Mahfud MD dalam bursa cawapres tersebut dinilai karena figurnya dari kalangan Islam dan Nahdlatul Ulama (NU).

"Mungkin karena dia figur dari Islam dan juga dari kelompok NU. Bisa jadi Mahfud MD masih masuk nominasi dan itu sudah disampaikan juga oleh Mbak Puan 10 nama, kalau tidak salah Mahfud MD masuk salah satu dari 10 nama itu," kata Ujang kepada MNC Portal Indonesia, Senin (12/6/2023).

Ujang menegaskan, Mahfud MD merepresentasikan tokoh Islam dari basis massa Nahdiyin. "Karena memang dia bagian dari tokoh Islam dan dari basis massa NU seperti itu," ucapnya.



Ujang juga menyebut sejumlah nama yang merupakan tokoh Islam dari NU mulai dari KH Miftachul Akhyar hingga Nasaruddin Umar. Namun, Ia melihatnya terkait Bacawapres Ganjar masih dinamis.

"Kalau informasi yang berkembang PDIP mintanya Miftachul Akhyar dari NU tapi KH Miftachul Akhyar tidak mau, bisa jadi mengarah ke Nasaruddin Umar kalau pun tidak pasti akan dicarikan yang lain menurut saya tokoh Islam berbasis massa NU saya melihatnya seperti itu. Walaupun saya melihatnya dinamis terkait sosok yang pas," tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristianto mengatakan, Cawapres dari Capres Ganjar Pranowo sedang digodok semaksimal mungkin untuk mendapatkan pasangan terbaik.

"Jadi nama nama digodok semaksimal mungkin untuk mendapatkan pasangan terbaik dari pak Ganjar Pranowo," kata Hasto di Gedung Lemhannas, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/5/2023).

Hasto menambahkan, sesuai dengan yang disampaikan Ketua Umum (Ketum) DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri bahwa nama Cawapres pasangan Ganjar sedang dilakukan pemetaan dan analisis secara dinamis.

Ia membeberkan, saat ini ada 10 nama Cawapres potensial yang akan maju bersama Ganjar di kontestasi Pilpres 2024.

"Tahapan saat ini sebagaimana disampaikan bu Megawati Soekarnoputri nama-nama siapa yang akan mendampingi capres dari PDI Perjuangan Bapak Ganjar Pranowo akan terus dilakukan pemetaan kemudian analisis secara dinamis dan Bu Mega menyampaikan ada 10 nama sehingga dari situlah memerlukan waktu," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)